Skip to main content

Fakta Menarik Tentang Uang Rupiah yang Jarang Diketahui



Pada saat itu rupiah merupakan mata uang asli Indonesia yang berlaku secara sah menjadi alat tukar bagi masyarakat. Uang Rupiah memiliki hubungan yang erat dengan sejarah bangsa Indonesia.  

Namun ternyata banyak orang Indonesia yang belum tahu ada fakta unik dibalik sebuah uang rupiah ini.  Berikut merupakan beberapa fakta dibalik mata uang Rupiah yang biasa kita gunakan sehari-hari.

 

Gambar Rumah Pada Lembaran Rp100.000

 

Uang Rupiah pecahan 100 ribu yang beredar pada tahun 2016 ke bawah memiliki gambar pahlawan Insinyur Soekarno dan Muhammad Hatta. Bila diperhatikan lebih lanjut ternyata di belakang gambar Soekarno terdapat gambar sebuah rumah.  Kira-kira itu rumah siapa ya? Ternyata itu menunjukkan rumah presiden pertama kita yang juga merupakan lokasi diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.sudah menjadi tugu proklamasi.

 

Lirik Lagu Indonesia Raya Pada Uang Rp50.000

 

Dilihat pada Uang pecahan Rp50.000 keluaran tahun 1999Khususnya di samping gambar WR Supratman terdapat gambar sebuah kertas dengan banyak tulisan.  Gambar tersebut terlalu kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan jelas. Namun jika diteliti lebih lanjut dengan memperbesar beberapa kali maka akan terlihat bahwa tulisan-tulisan tersebut adalah lirik lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman.   Keren ya

 

Koin Pecahan Rp2.000 Pada Final Piala Dunia 1974

 

Pasti banyak yang belum tahu jika ternyata koin pecahan Rp2.000 ini pernah digunakan dalam final sepak bola Piala Dunia 1974 sebagai koin undian penentu Siapa yang berhak memegang bola. Wasit asal Inggris koma Jack Taylor menggunakan koin itu dalam final antara tuan rumah Jerman Barat versus Belanda.

 

Emoticon Pada Pecahan Rp1.000

 

Uang lembaran Rp1.000 yang beredar sebelumnya memiliki gambar pahlawan Kapten Pattimura atau yang dikenal dengan Thomas Matulessy.  Beliau merupakan pahlawan nasional yang berasal dari Maluku.  Jika kita perhatikan pecahan Rp1.000 Ini khususnya pada baju Sang Kapten pada kancing kedua dari atas terdapat sebuah emoticon wajah tersenyum.  Belum diketahui Apakah emoticon tersebut merupakan kesengajaan atau sebuah kebetulan saja.

[ads-post]

Mata uang ini merupakan koin khusus yang dibuat atas kerjasama organisasi pecinta alam WWF dengan Bank Indonesia yang ternyata hanya diproduksi 3 keping saja di dunia. Salah satu sisi koin tersebut memiliki gambar harimau Jawa dan gambar Garuda Pancasila di sisi lainnya.

 

Mata Uang Riau Dan Irian Barat

 

Riau pernah memiliki wujud mata uang Rupiah yang berbeda pada tahun 1960 hingga tahun 1971. Pada saat itu Rp1 dihargai setara dengan 18,9 rupiah.

 

Ada Gambar Presiden Di Mata Uang Rupiah



 

Meskipun Indonesia telah berganti presiden beberapa kali Namun ternyata hanya 2 presiden yang masuk ke dalam gambar uang Rupiah.  Presiden tersebut yakni presiden pertama Ir Soekarno pada pecahan Rp100.000 dan Presiden Soeharto pada pecahan Rp50.000.

 

Uang Rupiah Sangat Kental Dengan Nuansa Lokal



 

Gambar-gambar pada uang Rupiah ternyata banyak diambil dari kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia.  Misalnya tari-tarian dan pertunjukan lokal di daerah tertentu. Ada juga gambar tempat-tempat yang menarik di Indonesia serta hewan-hewan ciri khas daerah tertentu.


Demikian tentang uang rupiah semoga bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar