Skip to main content

Cara Menguji Ingatan dengan 5 Tes Ini

Ingatan atau memory adalah suatu anugrah bagi kita untuk mengenang setiap kejadian yang kita alami dan segala sesuatu yang kita pelajari. Sayangnya kemampuan mengingat setiap orang tidaklah sama, Lalu seberapa besar kemampuan mengingat kita ?

Dominic O’Brien, Pemenang gelar World Memory Champion  yang juga memegang gelar Guinness sebanyak dua kali, menciptakan lima tes mudah untuk menganalisa daya ingat orang-orang.

O’Brien telah menulis sebuah buku yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Setidaknya ada lima tes mudah yang dapat kita lakukan untuk mengetahui seberapa jernih ingatan otak kita.

Dalam bukunya itu, O’Brien memulai tes dengan cara bertanya pada pembaca apakah pembaca bersedia untuk mengikuti lima tes mudah untuk mengetahui kemampuan mengingatnya.

Untuk memperjelasnya, ambilah selembar kertas dan pulpen untuk mulai melakukan tes berikut ini.

Tes 1: Kata


Dalam waktu 3 menit, Anda diminta untuk membaca dan mengingat 20 kata di bawah ini.
TREE, TIME, FACE, PIPE
CLOCK, MOUSE, ENGINE, PLANET
THUNDER, NECKLACE, WARDROBE, CATERPILLAR
GARDEN, TREACLE, PICTURE, HARNESS
SLEEP, APPLE, OCEAN, BOOK

Lalu tulislah kata-kata yang Anda ingat sebanyak mungkin. Tidak perlu di urutkan seperti di atas.

Setiap kata yang berhasil diingat akan mendapatkan 1 poin. Jadi sudah bisa dihitung berapa poin yang anda miliki sekarang.

Tes 2: Angka


Dalam waktu 3 menit, Anda diminta untuk membaca dan mengingat 20 angka yang tertera berikut ini. Namun pada tes ini, Anda diminta untuk mengurutkannya dengan benar.
5 0 3 6 7 4 4 0 9 2 8 2 0 5 7 6 7 1 2 9

Tulislah angka yang Anda ingat sesuai dengan urutan di atas.

Nilai 1 untuk angka dan urutan yang benar. Jika Anda berhasil menuliskan 20 angka, namun salah satu urutan angkanya salah, maka poin yang Anda peroleh adalah 4.
 

Tes 3: Bentuk

Dalam waktu 3 menit, Anda diminta untuk melihat 10 bentuk berbeda di bawah ini. Ingat masing-masing bentuk dan urutan, mulai dari nomor 1 hingga 10.



Pada bagian selanjutnya, Anda akan menemukan 10 bentuk yang sama, namun urutan berbeda. Cobalah untuk mengurutkannya sesuai dengan urutan aslinya.


Nilai 1 poin pada jawaban (bentuk dan urutan sama) benar.

Tes 4: Bilangan Biner


Selama 3 menit, Anda diminta untuk dapat mengingat 30 angka biner di bawah ini.
1 1 0 0 0 0 0 1 1 0 1 1 1 0 1 1 0 0 1 1 0 1 0 1 0 1 0 0 1 1

Kemudian tulis angka yang Anda ingat sesuai dengan urutan.

Nilai 1 poin untuk angka dan urutan yang Anda jawab dengan benar. Jika lima angka pertama benar dan angka keenam salah, maka poin yang Anda dapat adalah 5.

 

Tes 5: Permainan Kartu


Selama 3 menit, Anda diminta untuk mengamati 10 kartu di bawah ini.


Tulis pada kertas, angka dan nama kartu.

Nilai 1 poin pada jawaban yang benar.

 

Akumulasi Poin


Jumlahkan poin yang Anda peroleh dari kelima tes di atas. Poin maksimal adalah 90.
  • Poin <20 menandakan daya ingat yang sangat lemah, ini adalah hal yang kurang baik.
  • Jika Anda mendapat poin 20-34, maka ingatan Anda termasuk lemah (kurang bagus).
  • Jika poin yang Anda peroleh 35-69, menandakan ada Potensi daya ingat pada otak. Anda butuh mengasah kembali daya ingat agar hasilnya lebih maksimal.
  • Sementara jika total poin Anda 70+, maka dapat dipastikan, daya ingat Anda patut diacungi dua jempol.

Sumber :
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar