Skip to main content

Alasan Pentingnya Memiliki Media Sosial di Zaman Sekarang

Sekilas Tentang Media Sosial Media sosial merupakan fasilitas online dimana para penggunanya bisa ikut berpartisipasi secara aktif dengan berbagi dan menciptakan isi atau informasi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual lainnya.

Media Sosial bukan merupakan barang baru di dunia ini. Sejak terkenalnya Friendster di awal tahun 2000 an, banyak orang telah mulai menggunakan media sosial sebagai media komunikasi yang lebih instan.

Pentingnya Memiliki Media Sosial

Hingga saat ini telah banyak sekali bermunculan media sosial yang digunakan orang-orang di seluruh dunia. Namun sejatinya apa pentingnya kita memiliki dan menggunakan media sosial ini ?

Mungkin masih banyak yang menganggap kemajuan teknologi ini hanya untuk penyebaran informasi semata, namun jika ditelusuri lebih jauh ada banyak alasan kenapa kita harus memiliki media sosial di zaman milenial ini. Simak poin-poin berikut ini :

Pusat Informasi

Media sosial merupakan tempat penyebaran informasi tercepat di dunia ini. Setiap harinya lebih dari miliaran informasi menyebar di seluruh dunia melalui berbagai media sosial.

Bahkan jika mampu menelaah informasi dengan baik, kita bisa mendapatkan informasi yang disembunyikan dari TV, Radio, Surat Kabar atau Majalah. Namun harus berhati-hati terhadap isu bohong atau hoax.

Tempat Curhat/Diskusi

Media sosial merupakan tempat yang bagus pula untuk bertanya, mengungkapkan pikiran, pendapat atau perasaan kita. Namun dengan resiko akan diketahui publik dan bisa saja disebarkan ulang.

Saat ini ada banyak forum yang menyediakan tempat diskusi, berbagi pengalaman maupun curhatan perasaan atau kegalauan. Disini kita akan mendapatkan saran dari teman-teman yang memiliki solusi.

Menambah Teman

Dengan media sosial kita akan memiliki teman yang jauh lebih banyak melampaui teman di dunia nyata. Walaupun sebatas kenalan di dunia maya, ternyata ada juga yang sampai menikah berkat kenalan di media sosial.

Namun kita tetap harus berhati-hati karena teman di media sosial sangat beresiko daripada teman di dunia nyata. Ini karena kita tidak bisa tahu sifat asli seseorang di media sosial.

Membangun Jaringan

Media Sosial merupakan tempat terbaik untuk membangun jaringan, mengembangkan komunitas dari berbagai penjuru dunia. Hampir semua komunitas atau perkumpulan sekarang ini telah menggunakan media sosial.

Kita bisa membuat grup jejaring sosial, blog atau forum tempat berbagi sesama komunitas serta mempromosikannya untuk menambah anggota.

Status Sosial

Status sosial di zaman ini tidak hanya ditentukan oleh keturunan, jabatan ataupun jumlah uang yang dimiliki. Tak seperti jaman dulu, semuanya telah berubah.

Kini status sosial seseorang, terutama para remaja ditentukann berdasarkan jumlah teman atau pengikut di suatu media sosial tertentu yang sedang tren. Ini yang menjadi tanda seberapa terkenal orang tersebut tak peduli latar belakangnya.

Media Kampanye/Promosi

Media sosial juga merupakan tempat kampanye terbaik untuk mempromosikan barang, jasa, ataupun pendapat. Namun hal yang terpenting adalah seberapa besar komunitas jejarign sosial yang kita miliki dan

Bayangkan jika yang melihat adalah seluruh dunia dalam hitungan detik, apapun bisa menjadi viral dalam sekejap. Tak perlu repot memasang baliho atau menunggu terbitnya sebuah koran.

Berjualan

Online shop sepertinya sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat saat ini. Dengan ini, kita dapat berbelanja dan berjualan secara online tanpa harus repot-repot membuka kios. Cukup melihat di depan layar dan barang akan terkirim.

Dengan media sosial ini kita bisa menjual barang dan jasa kepada teman-teman di jejaring sosial dengan lebih mudah tanpa harus pergi dari pintu ke pintu untuk menjajakan barang atau jasa.

Penggalian Dana

Tak heran jika media sosial juga sudah sering digunakan untuk penggalian dana dalam berbagai kegiatan. Dengan cara ini tentunya akan lebih mudah mencari sponsor.

Melalui jejaring sosial kita bisa memberi tahu kepada publik orang-orang yang harus dibantu. Kita pun ikut berpartisipasi menyumbang atau sekedar membagikan ulang.

Relaksasi

Media sosial juga merupakan sarana relaksasi alternatif pada saat ini. Ada banyak konten menghibur yang bisa dilihat untuk sekedar melepas stress.

Saat penat atau ketika terjebak macet, kita bisa sambil bersantai melihat kiriman teman atau forum yang menghibur atau sekedar menghabiskan waktu.

Media Sosial yang Wajib Dimiliki

Memang banyak sekali media sosial yang tersebar di dunia ini, namun apakah kita harus memiliki semuanya ? jawabannya tentu tidak. Memiliki banyak media sosial justru membuat kita bingung dan mengurangi produktivitas. Jadi gunakanlah akun sperlunya saja. Jangan sampai kecanduan.

Gunakan media sosial yang mencakup semua hal seperti facebook saja sudah cukup. Jika di lingkungan kita menggunakan media sosial tertentu boleh saja diikuti untuk tetap update dengan teman sekitar.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar