Skip to main content

15 Tokoh Superhero Indonesia yang Pernah Eksis

Berbicara mengenai superhero pastinya kita tidak asing dengan tokoh Superman, Batman, Spiderman, Wonder Woman dan man-man yang lainnya. Namun Tahukah kalian ternyata 15 Superhero asal Indonesia ini pernah eksis di berbagai media. Siapa aja ya ? Simak berikut ini :

1. Gundala Putra Petir



Superhero Indonesia ini adalah tokoh komik buatan Hasmi. Komik Gundala Putra Petir pertama kali muncul pada tahun 1969 dan menjadi inspirasi bagi komikus Indonesia lainnya.

Kekuatan dan penampilannya jelas mendapat pengaruh dari superhero luar, meski begitu alur dan jalan ceritanya sangat bergaya Indonesia. Sebagian besar ceritanya mengambil latar di Yogyakarta dan sebagian lagi mengambil latar di Jakarta.

Kekuatan Gundala adalah dapat mengeluarkan gledek (petir) dari kedua telapak tangannya. Kemampuan itu didapat dari Raja dari Kerajaan Petir yang juga merupakan ayah angkatnya. Gundala juga pernah di filmkan pada tahun 1982.

 

2. Godam Manusia Besi

 


Godam adalah tokoh komik buatan seorang komikus bernama Widodo Noor Slamet (Widodo NS). Komik Godam yang pertama bejudul "Memburu Doktor Setan" yang dibuat pada tahun 1969.

Godam diceritakan sebagai rekan Gundala yang memiliki kekuatan hampir sama seperti Superman, kuat, kebal, dan bisa terbang. Kekuatan super Godam berasal dari pakaian saktinya dan jubah yang dikenakannya.

Sampai saat ini terhitung terdapat 15 judul komik Godam, 2 komik terakhirnya berjudul "Tirani Biru di Negri Godam" dan "Setan," keduanya sama-sama dibuat pada tahun 1980.

 

3. Zantoro

 


Sekilas penampilan Zantoro terlihat seperti Villain atau Anti-Hero, tetapi sebenarnya Zantoro merupakan seorang pahlawan super yang sangat benci dengan kejahatan.

Zantoro merupakan seorang yang ahli dalam memainkan senjata tajam, tidak hanya ahli sebagai pengguna, Zantoro juga ahli membuat senjata. Kemampuan ini diwarisi oleh Ayahnya yang merupakan ahli pembuat pedang.


 

 4. Aquanus

 


Aquanus merupakan tokoh komik yang dibuat oleh Widodo NS sebelum Godam. Secara bahasa Aquanus di ambil dari kata Aqua dan Dhanus, Aqua berarti air sedangkan Dhanus adalah nama asli dari Aquanus.

Kemampuan Aquanus adalah dapat bernafas di dalam air serta dapat mengeluarkan/memancarkan sinar dengan daya hancur yang sangat tinggi.

Kekuatan bernafas dalam air milik Aquanus sudah ada sejak lahir, karena Aquanus tidak berasal dari Bumi melainkan dari Planet Zyba. Dimana bangsa di planet tersebut dapat hidup di darat dan di laut (manusia amfibi).

 

 5. Volt

 


Volt adalah Superhero asal Indonesia yang komiknya masih di-update hingga sekarang. Kekuatan Volt adalah mampu menyerap energi listrik di sekitarnya lalu mengubahnya menjadi serangan atau menggunakannya untuk bertahan.

Untuk melihat komik Volt anda bisa mengunjungi Skylar Comics Facebook Fanspage dan untuk mengetahui update informasi terbaru dari komik volt anda bisa kunjungi

 

6. Sembrani

 


Sembrani merupakan salah satu tokoh ciptaan Hasmi. Tokoh sembrani pertamakali muncul dalam serial Gundala 1000 Pendekar (1974). Kekuatan Sembrani adalah dapat menetralisir medan magnet, listrik, bahkan zat beracun. Selain itu Sembrani juga memiliki kempuan untuk terbang yang membuatnya semakin sulit dikalahkan.

Kekuatan Sembrani diperoleh dari kalung yang diberikan oleh proyeksi 3D dari seorang panglima perang yang sudah lama mati.

 

7. Kalong (Calong)

 



Kalong adalah salah satu tokoh komik buatan Hasmi. Kalong muncul pertama kali pada Komik Calong Anak Kelelawar (1972). Pahlawan super cilik ini memiliki kemampuan kebal peluru dan senjata tajam, bisa terbang (pastinya), dan dapat berkomunikasi dengan hewan.

Kemampuan kalong berasal dari sebuah benda ajaib yang didapat dari seorang raja bernama Xamfereet yang ditemuinya di ujung Gua.

 



8. Caroq

 


Caroq adalah superhero Indonesia ciptaan Ahmad Thoriq. Kemunculan perdana Caroq adalah pada tahun 1996. Nama aslinya adalah Ongko yang bekerja sebagai supir taxi.

Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang. Caroq merupakan seorang yang ahli dalam beladiri dan memiliki kemampuan sihir untuk membantunya dalam menghadapi musuh-musuhnya. Musuh besarnya adalah Si Bengis dan Si Tangan Empat.

 

9. Merpati

 


Merpati merupakan salah satu karakter komik buatan Harya Suryawinata. Merpati pertama kali muncul pada tahun1977. Nama asli merpati adalah Sedhah, diceritakan Merpati adalah Istri dari Gundala sang Putra Petir.

Kekuatan Merpati adalah dapat terbang dan menentukan/mendeteksi arah, Merpati juga diceritakan memiliki kemampuan beladiri yang sangat baik. Kemampuan Merpati berasal dari ramuan ajaib yang dibuat oleh Ratu Merpati.

 

10. Pangeran Mlaar

 

Seperti halnya Gundala, Sembrani dan Calong, Pangeran Mlaar juga diciptakan oleh Hasyim. Pangeran Mlaar pertama kali muncul pada sebuah serial berjudul Gundala: Perhitungan di Planet Covox (1969). Kekuatan Pangeran Mlaar adalah dapat memelarkan tubuhnya hingga batas-batas tertentu (tubuh elastis).

11. Elang Hitam

 


Identitas asli Elang Hitam adalah seorang pemuda berusia 39 tahun bernama Hendro Petrusno. Elang Hitam bergabung dengan Kepolisian untuk membasmi para penjahat. Dengan kemampuan menembaknya yang sangat akurat dan gerakannya yang gesit dan tak terlihat, Elang Hitam ditakuti para penjahat.

 



12. Valentine

 


Valintine salah satu komik dari Skylar Comics (sama dengan Volt.) Valentine pertama kali muncul pada tanggal 25 Juni 2014.

Dalam membasmi penjahat Valentine memanfaatkan kemampuan beladirinya yang sangat hebat, tetapi tidak semuanya berjalan mulus, terkadang valentine harus berlumuran darah dalam menghadapi musuh-musuhnya.

 

13. Maza

 


Maza adalah salah satu superhero indonesia buatan Hasmi. Maza pertama kali muncul pada tahun 1968. Maza memiliki kekuatan (strength) yang besar dan memiliki 2 buah pisau belati yang dapat mengeluarkan Jin yang akan tunduk pada semua perintah Maza, nama jin tersebut adalah Jin Kartubi.

14. Saras 008

 


Saras 008 merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di Indosiar dari tahun 1998 hingga tahun 2000. Pemain utama di sinetron ini ialah Cindy Dewiana, Selly Hasan, Asty Ananta, Angel Karamoy Pretty Asmara, Paquita Widjaya. Jumlah episodenya adalah 60+. Sinetron ini diproduksi oleh Rapi Films.

Saras adalah seorang perempuan biasa yang memiliki kekuatan untuk berubah menjadi seroang pahlawan super, memiliki kemampuan luar biasa untuk melawan para penjahat. Musuh utamanya adalah Mr. Black

 

 15. Panji Milenium

 


Panji Manusia Millenium merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan RCTI dari tahun 1999 hingga tamat pada tahun 2001.dan tayang diLativi pada jam dinihari Pemain utama di sinetron ini ialah Primus Yustisio, Tia Ivanka, Pangky Suwito, dan Ayu Azhari. 

Millenium digunakan karena sinetron ini dibuat menjelang awal abad ke-21. Sinetron ini diproduksi oleh Multivision Plus. Ini merupakan sinetron pahlawan super pertama yang sukses besar setelah Saras 008.

Dalam sinetron ini Primus Yustisio berperan sebagai sosok bernama Panji. Panji adalah seorang pemuda baik yang mengelola sebuah Panti Asuhan. Ada sekitar 13 anak dalam Panti Asuhan yang didirikannya. Sementara Tia Ivanka berperan sebagai seorang Jurnalis yang secara tak sengaja masuk ke dalam hidup Panji. 

Awal mula pertemuan keduanya terjadi saat Panji mencoba menolong Nadia yang ingin bunuh diri. Keduanya lantas menjadi dekat dan Panji menawarkan Nadia untuk tinggal di Panti Asuhannya. Bersama-sama, mereka mengasuh anak-anak binaan Panji.

Demikian tentang Superhero Indonesia, ada yang mau menambahkan ?

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar