--> Skip to main content

Wow, Ini 15 Fakta Menakjubkan tentang Tubuh Manusia

Tubuh manusia memang sejatinya merupakan sesuatu yang istimewa, ada banyak hal menakjubkan yang tidak kita ketahui tentang tubuh kita sendiri, Penasaran ? Simak ulasannya berikut !

1. Asam lambung ternyata cukup kuat untuk melarutkan seng. Untungnya bagi kita, sel-sel di lapisan perut beregenerasi begitu cepat sehingga asam tidak sempat melelehkannya.

2. Paru-paru mengandung lebih dari 300.000 juta kapiler (pembuluh darah kecil). Jika mereka dibaringkan dari ujung ke ujung, mereka akan merentang 2400km (1500 mil).

3. Testis pria ternyata memproduksi 10 juta sel sperma baru setiap hari, cukup untuk bisa mengisi kembali seluruh planet ini hanya dalam 6 bulan, wew...

4. Tulang manusia sekuat granit dalam menunjang berat. Satu blok tulang seukuran kotak korek api dapat mendukung 9 ton,yang empat kali lebih kuat dari beton dalam ukuran yang sama.

5. Setiap kuku jari perlu enam bulan untuk tumbuh dari dasar ke ujung. Lama juga ya.

6. Organ terbesar di tubuh adalah kulit. Pada pria dewasa itu mencakup sekitar 1.9 m2 (20sq kaki). Kulit terus menerus berganti. Dalam seumur hidup setiap orang memproduksi sekitar 18kg (40 lb) kulit.

7. Saat kita tidur, Kita tumbuh sekitar 8mm (0.3in). Keesokan harinya kita menyusut kembali ke ketinggian awal. Alasannya adalah bahwa cakram tulang rawan diperas seperti spons oleh gaya gravitasi saat kita berdiri atau duduk.

8. Rata-rata orang di negara barat mengonsumsi 50 ton makanan dan minum 50.000 liter (11.000 galon) cairan selama hidupnya.

9. Setiap ginjal mengandung 1 juta filter. Mereka menyaring rata-rata sekitar 1,3 liter (2,2 liter) darah per menit, dan mengeluarkan 1,4 liter (2,5 liter) urin per harinya.

10. Otot fokus mata bergerak sekitar 100.000 kali sehari. Untuk memberi latihan otot kaki kita sama, kita perlu berjalan sejauh 80km (50 mil) setiap hari.

11. Dalam 30 menit, rata-rata tubuh mengeluarkan cukup panas (gabungan) untuk membuat setengah galon air mendidih.

12. Sel darah manusia tunggal hanya membutuhkan waktu 60 detik untuk berkeliling badan.

13. Kulit khatan, seukuran perangko, dari bayi yang disunat hanya membutuhkan waktu 21 hari untuk menumbuhkan kulit yang bisa menutupi tiga lapangan basket. Kulit ini lalu ditumbuhkan di laboratorium digunakan untuk merawat pasien luka bakar.

BACA JUGA : FAKTA UNIK TENTANG URIN MANUSIA YANG JARANG DIKETAHUI

14. Mata menerima sekitar 90 persen dari semua informasi kita, membuat kita pada dasarnya adalah makhluk visual.

15. Ovarium wanita mengandung hampir setengah juta sel telur, namun hanya 400 atau lebih yang bisa mendapatkan kesempatan untuk menciptakan kehidupan baru.

Sumber: Buku Fakta Reader's Digest
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar