Skip to main content

Sadari 10 Penyebab Perut Buncit Sebelum Terlambat

 
Perut buncit, mendengarnya saja kita sudah ngilu apalagi bagi yang mengalaminya. Yang saya maksud adalah lemak perut, bukan hamil. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perut menjadi buncit, mari kita sadari sebelum terlambat. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Kuarngnya Aktivitas Fisik
Faktor pertama ini mungkin terbilang sangat wajar apabila kurang olahraga maka lemak akan tertimbun dalam tubuh dan salah satunya di perut. Olahraga yang baik untuk perut yaitu lari, sit up dan pull up, yang jelas yang menggerakan otot perut. Yang lebih berbahaya lagi jika pernah melakukan olahraga rutin dan kemudian berhenti. Secara otomatis tubuh akan menyimpan lemak lebih banyak di bagian ini. Mungkin ini salah satu alasan mengapa Pak Polisi kita banyak yang buncit.

2. Pola Makan dan Pilihan Makanan yang Salah
Pola makan adalah kunci pertumbuhan dalam tubuh. Makan terlampau malam yang jelas membuat tubuh lebih lama mencerna, jadi akan disimpan dulu di perut. Kalau sudah lebih dari jam 8 an mending minum air putih dulu.

3. Kondisi Psikis dan "Binging"
Orang yang patah hati dan orang yang bahagia dengan pasangannya kadang membuat pola makan menjadi berbeda. Disini ada istilah “Binging” yaitu melampiaskan suatu emosi atau perasaan dengan makan. Sudah pastilah orangnya tambah gemuk dan buncit.

4. Stress
Stress tidak pernah memberi manfaat positif. Termasuk pada bagian ini, dimana saat stress tubuh mengeluarkan banyak kortisol atau hormon stress. Tugas hormon ini memindahkan lemak ke arah perut. Jelas sudah orang stress tambah buncit.



[ads-post]



 

5. Diet Rendah Protein
Protein itu memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jadi meskipun diet, harus tetap mendapat asupan protein. Alasannya sederhana, protein mengatur hormon yang berhubungan dengan rasa lapar, jadi makan kita terkontrol sehingga bisa lebih langsing.

6. Kurang Tidur
Orang yang suka begadang dan tidur kurang dari 8 jam beresiko buncit. Jika begadang pasti membuat tubuh terasa lapar dan jawabannya adalah makan tengah malam yang membuat perut bertambah buncit.

7. Alkohol
Minuman yang beralkohol boleh-boleh saja, asal yang sudah legal dan tentunya tidak berlebihan. Karena alkohol dapat menambah jumlah kalori dalam tubuh yang akan menyebabkan perut buncit. Buktikan saja pada orang-orang di sekitar kita, yang lebih sering kena minuman beralkohol lebih cepat buncit.

8. Minuman Berkarbonasi
Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda biasanya banyak mengandung gula. Gula membuat kita merasa lapar dan ujungnya adalah perut buncit.

9. Menopause
Perubahan hormon pada wanita juga memicu perpindahan lemak ke perut, jadi untuk wanita yang menopause sebaiknya mengurangi porsi makan dan menambah olahraga agar tetap sehat.

10. Keturunan
Terkadang ada beberapa orang yang lebih cepat mengalami perut buncit dibanding yang lainnya. Tentunya alasannya adalah keturunan. Namun semua itu masih bisa diatasi selagi sempat.

Terlepas dari semua itu, ada orang yang bilang perut buncit itu tanda sejahtera. Saya tegaskan tidak, karena orang yang sejahtera itu sehat secara lahir, bathin dan juga kantong :D.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar