Skip to main content

Pengertian dan Cara menghitung Bit, Byte, KB (Kilobyte), MB (Megabyte) dan GB (Gigabyte)

Sebelum berdiskusi lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui apa itu bit dan Byte. Simak dahulu perbedaan berikut :

Definisi Bit

Bit adalah kependekan dari "Binary Digit", yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Penggunaan istilah "binary digit" atau "bit" diperkenalkan pertama kali oleh John Tukey di tahun 1947, saat itu ia merupakan seorang ilmuwan di Bell Laboratories. Sejak saat itu, istilah 'bit' terus digunakan di dunia komputer hingga sekarang.

Sistem Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk mengolah data. Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner. Ada 2 nilai berbeda yang bisa dinyatakan satu bit, biasanya nilai 0 atau nilai 1. Ini karena rangkaian sistem elektronik yang hanya mengenal on/off. Biasanya 0 berarti off dan 1 berarti on. Hal ini berlaku universal dalam rangkaian elektronik.

Definisi Byte

Satu byte, selanjutnya merupakan 8 satuan bit yang digabungkan menjadi satu. Jadi byte adalah satuan informasi yang lebih besar dari bit. Istilah 'byte' pertama diciptakan dan digunakan oleh Dr. Werner Buccholz di tahun 1956, saat itu ia bekerja sebagai seorang ilmuwan di IBM.

Singkat cerita, sistem Byte lebih cocok digunakan untuk rangkaian komputer yang semakin berkembang karena menyajikan informasi yang lebih baik. Walaupun pada dasarnya tetap mengacu pada sistem bit di rangkaian elektronik. Karena itulah kita lebih sering mendengar byte daripada byte. Bit biasanya ditulis dengan "b" kecil dan Byte dengan "B" besar.

Kapasitas Penyimpanan

Saat ini ukuran kapasitas penyimpanan sebuah disk adalah byte. Berikut adalah perhitungan kapasitas penyimpanan dan istilahnya.
  • 8 bit = 1 B (Byte)
  • 1 KB (Kilobyte) = 1024 B (Byte) = 8.192 bit
  • 1 MB (Megabyte) = 1024 KB (Kilobyte) = 1.048.576 B (Byte) = 8.388.608 bit
  • 1 GB (Gigabyte) = 1024 MB (Megabyte) = 1.048.576 KB (Kilobyte) = 1.073.741.824 B (Byte) = 8.589.934.592 bit

Jika 1 Terabyte = 1024 Gigabyte, bisa dibayangkan ada triliunan bit yang tersimpan dalam sebuah disk penyimpanan.

Nah, demikian tentang perhitungan kapasitas dalam komputer. Ini juga berlaku untuk kuota internet. Misal untuk menyimpan lagu 3 MB diperlukan kuota internet 3 MB atau 3.072 KB. Tap i kuota akan terpotong juga untuk browsing ke web penyedia lagu, jadi harus tersedia lebih, setidaknya 5 MB.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar