--> Skip to main content

Nah, Ini dia 5 Hal Tentang Hari Anak Nasional dan Internasional

Hari Anak Nasional


Anak-anak merupakan generasi penerus bagi keluarga, bangsa dan negara. Kita butuh keturunan asli untuk melanjutkan sebuah bangsa karena itu yang terbaik. Makanya sangat perlu untuk memberikan hak spesial bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang. Salah satunya melalui Hari Anak. Apa sejatinya Hari Anak Nasional ? Nah Berikut 5 Fakta Tentang Hari Anak Nasional di Dunia

1. Dimulai Sejak 1856
Hari Anak sejatinya dimulai pada hari Minggu kedua bulan Juni tahun 1856 oleh Pendeta Dr. Charles Leonard, pendeta dari Universalist Church of the Redeemer di Chelsea, Massachusetts : Dr. Leonard mengadakan sebuah layanan khusus yang didedikasikan untuk, dan untuk anak-anak. Dr. Leonard menamainya dengan “Rose Day” atau “Hari Mawar”, meski kemudian diberi nama “Flower Sunday” atau “Minggu Bunga”, dan kemudian Children's Day atau Hari Anak.

2. 20 November adalah Hari Anak Internasional
Hari Anak Internasional dirayakan setiap 20 November yang berasal dari tanggal ditetapkannya Konvensi Hak-Hak Anak oleh majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 1989.

3. 1 Juni Hari Internasional untuk Perlindungan Anak
Hari anak internasional 1 Juni gak salah kok. Tapi sebenarnya tanggal 1 Juni sejak 1950 diperingati sebagai Hari Internasional untuk Perlindungan Anak-anak. Tapi, dibanyak negara sebagai Hari Anak juga. Didirikan oleh Federasi Demokratik Wanita Internasional pada kongresnya di Moskow (4 November 1949).

[ads-post]

4. Turki yang Pertama jadikan Hari Libur
Republik Turki pada tahun 1929, secara resmi menyatakan hari anak sebagai hari libur nasional oleh  dengan tanggal ditetapkan tanggal 23 April. Hari Anak-anak telah dirayakan secara nasional sejak tahun 1923 dengan pemerintah dan surat kabar pada waktu itu menyatakannya untuk anak-anak. Namun, diputuskan bahwa sebuah deklarasi resmi diperlukan untuk mengklarifikasi dan membenarkan perayaan ini dan deklarasi resmi tersebut dibuat secara nasional pada tahun 1931 oleh pendiri sekaligus Presiden Republik Turki Mustafa Kemal Atatürk.

5. Hari Anak Nasional di Indonesia yaitu Tanggal 23 Juli
Nah, di Indonesia Hari Anak Nasional Indonesia diperingati setiap 23 Juli sebagaimana secara resmi termuat dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Ternyata udah lama juga ya.

Itu dia tentang Hari Anak Nasional dan Internasional semoga bermanfaat. Jangan sungkan berkomentar :)

referensi : okecoy.com
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar