Skip to main content

Danau : Pengertian, Proses Terjadinya, Bentuk dan Jenisnya

Pengertian Danau

 


Permukaan bumi sejatinya tidak rata seperti yang kita lihat dari kejauhan. Ada banyak cekungan maupun tonjolan di atasnya. Kenapa bisa ? Nah, hal ini diakibatkan karena adanya proses tektonik, vulkanik, atau proses yang lain. Pada daratan yang cekung ini, seiring berlangsungnya panas dan hujan, lama kelamaan bisa terisi air dalam jumlah yang banyak. Inilah yang kita sebut dengan danau.

Sementara menurut wikipedia, Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga.

Danau secara geografis merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Jenis Danau dan Proses Pembentukan Danau

Berdasarkan proses pembentukannya, danau diklasifikasikan menjadi 2 macam yakni danau alami dan danau buatan.

 

A. Danau Alami

Danau alami, sesuai namanya merupakan danau yang terbentuk langsung oleh alam tanpa ada campur tangan manusia. Danau alami dapat digolongkan menjadi 6 macam, yakni:

1. Danau Tektonik

Danau tektonik adalah danau yang terbentuk akibat proses tektonik (lipatan, patahan, dan gerakan kulit Bumi) sehingga tanah mengalami penurunan. Contoh: Danau Toba, Danau Singkarak, Danau Kerinci, Danau
Poso, dan Danau Towuti.

2. Danau Vulkanik
Danau vulkanik yaitu danau yang terjadi akibat adanya letusan gunung api. Letusan ini dapat mengakibatkan morfologi gunung yang tadinya berbentuk seperti kerucut dapat berubah bentuk menjadi cekung. Contohnya Danau Maninjau dan Danau Kerinci di Sumatra, Danau Poso dan Danau Matana di Sulawesi, Danau Kalimutu di Flores.

[ads-post]

3. Danau Karst
Danau karst terbentuk karena adanya pelarutan batuan kapur oleh air sehingga membentuk cekungan. Bila cekungan ini terisi oleh air, maka terbentuk danau yang disebut dolina. Dolina meupakan lubang-lubang yang berbentuk corong. Lubang-lubang dolina yang menjadi satu disebut uvala (telaga). Deretan uvala-uvala atau dolina menjadi satu membentuk polje. Contohnya: lokva Bendogede di Kecamatan Ponjong di daerah Gunung Kidul.

4. Danau Erosi

Danau yang terbentuk karena adanya erosi atau pendalaman dasar lembah oleh gletser dengan massa es yang besar. Contoh: Danau Great (The Great Lake) di Amerika Utara, Danau Finger di New York.

5. Danau Tapal Kuda
Danau tapal kuda merupakan danau yang terbentuk bila sungai yang berkelok-kelok melintasi daratan mengambil jalan pintas dan meninggalkan potongan-potongan yang akhirnya membentuk danau. Contoh: Danau Tapal Kuda di Hilir Sungai Mahakam.

6. Danau Bendungan Alami
Danau bendungan alami terbentuk karena adanya longsoran dari tebing, sehingga menutupi aliran sungai. Contoh: Danau Pengilon di Dieng dan Telaga Sarangan di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 

B. Danau Buatan

Danau buatan adalah danau yang sengaja dibuat oleh manusia. Danau buatan lebih dikenal sebagai waduk. Waduk atau reservoir secara etimologi dari bahasa Perancis yang berarti "gudang" atau lebih tepatnya gudang air. Ada 3 Jenis waduk.

1. Waduk Lembah
Sebuah Bendungan yang dibangun di lembah dengan memanfaatkan kondisi topografinya yang cekung untuk menampung air. Pembangunan waduk lembah relatif lebih murah.

2. Waduk Sisi Sungai

Merupakan bentungan yang dibangun dengan memompa air sungai. Waduk seperti ini biasanya dibangun melalui eskavasi dan konstruksi pada bagian tanggul sungai sehingga air akan berkumpul dan membentuk waduk.

3. Waduk Pelayanan
Adalah waduk yang dibangun ditempat yang dekat dengan titik distribusi air, waduk ini biasanya berisi air yang sudah disterilkan dan dibersihkan sehingga siap pakai. Waduk pelayanan biasanya dibangun berbentuk menara air yang dibangun di atas pilar beton di tempat yang datar.

Referensi
http://ekonomi-sosiologi-geografi.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-jenis-dan-manfaat-danau.html
https://www.siswapedia.com/jenis-danau-proses-terjadinya-danau/
http://klikgeografi.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-danau-dan-jenis-jenis-danau.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Waduk
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar