Skip to main content

5 Fakta tentang Kota Palangka Raya yang Jarang Diketahui Orang Indonesia


1. Luasan

Setelah dihitung hitung nih, ternyata Luas wilayah kota Palangka Raya ini setara empat kali lebih besar dibanding Jakarta, jadi bisa menampung lebih banyak orang harusnya. Luasnya mencapai 2.400 km2, sedangkan Jakarta cuma 660 km2. Dengan luas wilayah yang besar ini,pantaslah bila Palangka Raya disebut sebagai salah satu kota terluas di Indonesia selain Kota Dumai, Tidore Kepulauan, dan Sorong.

2. Keterbangunan
Namun, dari luas 2.400 km2 tersebut, daerah yang sudah terbangun baru mencapai 60 hingga 70 km2, jadi masih banyak hutan gitu sih, termasuk kawasan hutan lindung yang berlokasi di Sebangau. Kalo dipikir, tanah pasti masih murah di sana ya, hhe.

[ads-post]

3. Langsung Diresmikan Sukarno
Kota Palangka Raya ternyata diresmikan langsung pembangunannya oleh Presiden  Sukarno pada tahun 1957, yang dilakukan dengan menancapkan tiang di dekat Sungai Kahayan. Nah, pada waktu itu wilayah Palangka Raya masih didominasi oleh kawasan hutan belantara dan tak ada jalan, sehingga Bung Karno mesti melewati Sungai untuk mencapai kota itu. Keren yah.

4. Bumi Pancasila

Kota Palangka Raya dikenal karena masyarakatnya memiliki toleransi yang tinggi terhadap keberagaman sehingga mendapat julukan Bumi Pancasila. Jadi apapun latar belakangmu, asalkan masih orang Indonesia, pasti nyaman tinggal disana. Tak jarang bisa ditemukan rumah ibadah yang lokasinya saling berdekatan, bahkan satu halaman.

5. Tanah Gambut

Wilayah Palangka Raya ini ternyata sebagian besar merupakan lahan gambut. Karena cukup sulit membuat jalan, pada tahun 1962 didatangkan Insinyur Rusia untuk membuat jalan. Tenyata jalan itu bertahan sangat kuat lebih dari 50 tahun karena dibangun dengan mengeruk dalam dan ditimbun oleh kerikil. Jalan ini dikenal dengan sebutan nama Jalan Rusia, namun secara administratif diberi nama jalan Tjilik Riwut, sesuai nama Gubernur pertama Kalimantan Tengah
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar