Skip to main content

10 Fakta Menarik Tentang KPK

 

Mungkin semua sudah mengetahui apa itu KPK. Ya, Komisi Pemberantasan Korupsi di Indonesia yang bertugas menindak kasus pencurian uang negara. Namun ternyata masih banyak yang belum kenal baik dengan lembaga ini, paling sekedar nonton di TV. Nah, berikut aku share 10 fakta menarik tentang KPK yang jarang diketahui masyarakat Indonesia.

1) KPK merupakan lembaga negara yang independen, disahkan oleh DPR pada tanggal 19 Desember 2003 pada Era pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri.
2) Kehadiran KPK di Indonesia seperti "Anak yang tidak diinginkan" karena pembentukan KPK itu sendiri hanya sekedar formalitas pada awalnya. Namun ternyata KPK menjelma menjadi sebuah lembaga yang memiliki Taring untuk memberantas para Koruptor di Indonesia.
3) Hingga 2016 tercatat jumlah total pegawai KPK sebanyak 1.124 pegawai, termasuk di dalamnya 139 penyelidik, 96 penyidik dan 80 penuntut umum, untuk melayani sekitar 230 juta penduduk Indonesia.
4) KPK tidak sendiri, lembaga ini terdiri atas Gabungan seluruh unsur masyarakat mulai dari Profesional, pengacara, bankir, auditor, kepolisian, kejaksaan, LSM, Wartawan, dsb. Yang membuat mereka Tidak memiliki kepentingan tertentu atau Ego sektoral.

[ads-post]
5) Total Jumlah pengaduan yang masuk sampai dengan Juni 2009 adalah 30.000 pengaduan. Hingga tahun 2016 sudah tercatat 755 kasus korupsi dan terus bertambah. Ini membuktikan negara kita banyak koruptor. Jadi, mari kita awasi pemerintahan dengan bijak.
6) Selama ini belum pernah ada Perkara Korupsi yang masuk ke KPK dihentikan (karena aturan memang tidak membolehkan kecuali TSK meninggal). Dan belum pernah ada Perkara yang ditangani KPK di Vonis Bebas oleh Pengadilan Tipikor.
7) KPK ternyata juga pernah menangani perkara yang melibatkan personilnya sendiri yaitu AKP. Suparman dan perkara Luar yaitu Jaksa Urip, sehingga kredibilitasnya diakui oleh Dunia Internasional.
8) Secara mengejutkan, Lembaga Penanganan Korupsi di Luar negeri khususnya Asia beramai-ramai melakukan studi banding dan belajar dari KPK atas pencapaiannya yang sangat luar biasa terutama saat menangkap pejabat negara mulai DPR sampai dengan Besannya Presiden. Hal itu menjadikan Indonesia naik derajatnya di Mata Internasional dan memperbaiki Iklim Investasi.
9) Belum pernah ada lembaga yang memiliki pencapaian penanganan korupsi yang sistematis seperti KPK dibanding lembaga penegak hukum lainnya dalam kurun waktu yang sangat singkat, dengan pengembalian kerugian negara pada semester satu Tahun 2009 adalah 4 Triliun Rupiah dengan hanya menggunakan Anggaran negara oleh KPK sebanyak 50 Milyar.
10) KPK dicintai oleh Seluruh rakyat Indonesia (Kecuali koruptor) dengan bukti mereka berada dibelakang KPK saat KPK diberondong dan dilemahkan dengan kriminalisasi kewenangan KPK yang sangat Absurd.

Karena sepak terjangnya ini, KPK juga pernah mendapat tekanan dari lembaga lain. Contohnya bisa dilihat pada kasus KPK vs Polri, KPK vs DPR, dan vs lainnya yang mungkin akan berkembang.

Yah, yang namanya koruptor pasti punya banyak cara untuk menjatuhkan KPK. Salah satu caranya yaitu menjatuhkan ketuanya. Aku rasa masyarakat Indonesia sudah menyaksikan banyak drama politik terhadap ketua KPK dan lembaga KPK itu sendiri. Sedikit hiburan untuk negeri yang dilanda krisis mental. Saya harap kedepannya semua menjadi lebih baik. Yang merasa pro atau kontra terhadap lembaga ini boleh komen.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar