Skip to main content

Pengertian/Definisi Koperasi, Asas Serta Tujuannya

 

PENGERTIAN KOPERASI

Berikut adalah pengertian koperasi menurut beberapa sumber :
- Menurut UU No. 25 1992: Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat, yang beradasarkan atas azas kekeluargaan.

- Arifinal Chaniago berpendapat bahwa Koperasi adalah suatu perkumpulan beranggotakan orang-orang atau badan hukum, yang memberikan kebebasan kepada anggota untuk masuk dan keluar, dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya.

- P.J.V. Dooren mengatakan bahwa Koperasi tidaklah hanya kumpulan orang-orang, akan tetapi dapat juga merupakan kumpulan dari badan-badan hukum (corporate).

- Mohammad Hatta berpendapat bahwa Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong. Semangat tolong menolong tersebut didorong oleh keinginan memberi jasa kepada kawan berdasarkan prinsip seorang buat semua dan semua buat seorang.

- Munkner mengatakan Koperasi adalah organisasi tolong menolong yang menjalankan urusniaga secara kumpulan, yang berazaskan konsep tolong menolong. Aktivitas dalam urusan niaga semata-mata bertujuan ekonomi, bukan sosial seperti yang dikandung gotong royong.

Jadi dapat disimpulkan bahwa koperasi merupakan  badan usaha yang memiliki anggota orang atau badan hukum yang berdiri dengan berlandaskan asas kekeluargaan serta demokrasi dalam bidang ekonomi. Koperasi menjadi gerakan ekonomi kerakyatan, dan dijalankan dengan prinsip gotong-royong.

LANDASAN KOPERASI

Ada beberapa hal yang melandasi koperasi diantaranya :
- Landasan Idiil yaitu Pancasila
- Landasan Gerak & Hukum yaitu UUD 1945
- Landasan Mental yaitu Gotong Royong dan Kekeluargaan

ASAS KOPERASI

Ada 2 asas koperasi, yaitu:
- Asas kekeluargaan, dimana setiap anggota koperasi memiliki kesadaran untuk melakukan yang terbaik di setiap kegiatan koperasi, dan hal-hal yang dianggap berguna untuk semua anggota dalam koperasi tersebut.

- Asas gotong royong, dimana setiap anggota koperasi harus memiliki toleransi, tidak egois atau individualis, serta mau bekerja sama dengan anggota lainnya.

TUJUAN KOPERASI
- UU No. 25 Tahun 1992 tentang kekoperasian, pada BAB II Pasal 3 menyatakan bahwa tujuan koperasi adalah:
Memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

- Moh. Hatta
Koperasi tidak bertujuan mencari laba dengan sebesar-besarnya, namun menurut beliau tujuan koperasi yaitu melayani dan mencukupi kebutuhan bersama, serta sebagai wadah partisipasi untuk pelaku ekonomi skala kecil dan menengah.

[ads-post]

PRINSIP-PRINSIP DALAM KOPERASI

Berikut adalah prinsip-prinsipnya:
1. Keanggotaan Sukarela dan Terbuka.
2. Pengendalian oleh Anggota Secara demokratis.
3. Partisipasi Ekonomi Anggota.
4. Otonomi Dan Kebebasan.
5. Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi.
6. Kerjasama diantara Koperasi.
7. Kepedulian Terhadap Komunitas.

Nilai-Nilai Koperasi
Nilai-nilai koperasi yang tercantum dalam Undang-Undang Koperasi Pasal 5 yaitu :
1. Nilai yang menjadi dasar kegiatan koperasi, di antaranya:
   a. nilai kekeluargaan;
   b. nilai menolong diri sendiri;
   c. nilai bertanggung jawab;
   d. nilai demokrasi;
   e. nilai persamaan;
   f. nilai berkeadilan; dan
   g. nilai kemandirian.

2. Nilai yang dipegang teguh anggota koperasi, di antaranya:
   a. nilai kejujuran;
   b. nilai keterbukaan;
   c. nilai tanggung jawab; dan
   d. nilai kepedulian terhadap sesama anggota serta orang lain.

FUNGSI KOPERASI

Dalam UU No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, khususnya pasal 4 menerangkan tentang fungsi koperasi. Di antaranya:
(1)    Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya;

(2)    Berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat;

(3)    Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai gurunya;

(4)    Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Dapatkan Versi PDF untuk Artikel ini



Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar