Skip to main content

Pengertian Wirausaha Menurut Pendapat Ahli

Berikut ini merupakan beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian wirausaha : 

Wirausaha jika dilihat dari segi etimologi berasal dari dua kata yaitu wira dan usaha. Kata Wira, dalam bahasa Indonesia berarti pahlawan, manusia unggul, pejuang, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Sedangkan kata Usaha, memiliki makna perbuatan amal, berbuat sesuatu.
Richard Cantillon menyatakan bahwa kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment).
Soeparman Spemahamidjaja berpendapat bahwa kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

[ads-post]

S. Wijandi mangatakan bahwa kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

Achmad Sanusi menjelaskan bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis
Drucker menyatakan bahwa kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).

Zimmerer mendifinisikan kewirausahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan..
Soeharto Prawiro berpendapat bahwa kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (star-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth).

Berdasarkan pendapat dari beberapa sumber diatas maka saya simpulkan bahwa kewirausahaan (bahasa Inggris: Entrepreneurship) atau wirausaha adalah kegiatan ataupun proses untuk menciptakan dan mengembangkan suatu usaha secara kreatif dan inovatif yang dilandasi dengan kemandirian serta keberanian dengan tujuan untuk memenuhi suatu kebutuhan atau tuntutan dalam kehidupan.

Wirausaha adalah sesuatu yang erat dengan ekonomi karena wirausaha sering dikaitkan dengan pengembangan usaha/lapak ekonomi baru yang mandiri dengan wujud yang kreatif dan inovatif.


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar