Skip to main content

Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme pada Hewan dan Tumbuhan


Pengertian Simbiosis  

Kata simbiosis sejatinya merupakan bahasa Yunani yang asal katanya dari kata sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Jadi simbiosis mengandung arti hubungan atau interaksi antar makhluk. Untuk makhluk hidup yang bersimbiosis dinamakan dengan simbion.

Macam-Macam Bentuk Simbiosis - Simbios terdiri dari beberapa bentuk antara lain sebagai berikut :

1. Simbiosis Komensalisme
2. Simbiosis Parasitisme
3. Simbiosis Mutualisme
4. Simbiosis Netralisme
5. Simbiosis Amensalisme
6. Simbiosis Kompetisi  

Simbiosis Mutualisme adalah pola interaksi antara dua makhluk hidup berbeda jenis dimana dari interaksi ini kedua makhluk hidup mendapatkan manfaat atau keuntungan.

Contoh-Contoh Simbiosis Mutualisme Pada Hewan dan Tumbuhan


Berikut beberapa contoh simbiosis mutualisme pada hewan dan tumbuhan.

1. Bunga dan Lebah

 

Lebah mendapatkan sari madu atau nektar yang berada dalam sari kelopak bunga sebagai makanannya, sedangkan bunga sangat terbantu proses penyerbukannya karena keberadaan lebah yang mencari madu di alat kawin bunga.

2. Burung Jalak dan Kerbau

 

Burung jalak mendapatkan makanan berupa kutu di punggung kerbau, sementara kerbau terbantu menghilangkan kutu yang menjadi penyebab gatal di punggungnya.

3.   Bakteri E-Coli dan Manusia

 

Bakteri E-coli mendapatkan
keuntungan berupa tempat tinggal dan makanan dalam usus manusia sedangkan manusia terbantu dalam menguraikan makanan terutama untuk jenis vitamin tertentu.

4. Rayap dan Protista

 

Protista mendapatkan keuntungan berupa tempat tinggal dan makanan di usus rayap. Sedangkan rayap dapat memakan selulosa dari kayu-kayuan karena dalam ususnya terdapat protista.




5. Buaya dan Burung Plover          

 

Burung mendapat manfaat dengan memakan kotoran atau sisa makanan yang ada di gigi buaya. Sedangkan buaya terbebas dari penyakit gigi dan mulut.

6. Kantung Semar dan Kelelawar

 

Kelelawar berbulu wol mendapat manfaat berupa tempat tinggal yang nyaman di dalam tanaman kantung semar. Hal itu membuat kantung semar memperoleh pupuk yang berasal dari kotoran kelelawar yang kaya unsur nitrogen.

7. Bunga Raflesia dan Lalat

 

Lalat mendapatkan makanan berupa sari bunga raflesia sementara bunga raflesia terbantu dalam proses penyerbukan.

8. Bakteri Rhizobium dan Kacang Tanah

 

Tanaman kacang tanah mendapat bantuan dalam memperoleh gas nitrogen berkat adanya bakteri ini, sementara bakteri ini juga mendapat makanan dari akar kacang tanah.

9. Semut dan Kutu Daun

 

Kutu dapat menghisap daun untuk menghasilkan sejenis cairan manis sementara kutu terbantu karena semut biasanya memindahkan kutu ke bagian daun yang masih segar.

Dapatkan Versi P DF untuk Artikel ini


Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar