Skip to main content

Makna Dibalik Hebohnya Lagu Awkarin (Young Lex ft Awkarin Bad)

Iseng2 cek youtube ketemu lagu yang hits banget dengan penyanyi yang lagi heboh. Karin Novilda atau Awkarin, mungkin saat penulisan postingan ini sedang jadi trend di hampir semua sosmed termasuk youtube dan instagram. Banyak likers, haters dan sebagainya yang merespon penampilan gadis yang saat ini berusia 18 tahun. Tapi aku bukan likers atau haters sih. Dibalik karyanya itu sebenernya ada banyak hal yang bisa kita tangkep kalo mau dianggap netizen yang bijaksana (cieeh...). Berikut aku coba tulis pesan yang terdapat dibalik kehebohannya itu :

1. Masyarakat kita terlalu cepat menilai

Yah, kalo yang udah nonton neng Aaaw Karin ini pasti sering salah fokus liatin pakaiannya, itu jaring2 mirip dalemannya Hinata (Naruto). Liat pakaian yang buka-bukaan pasti banyak yang langsung kasi jempol kebalik (haters) tapi kalo cowok pasti kasi jempol, haha. 

Intinya sebagian besar masyarakat kita Indonesia cenderung terlalu cepat menilai orang dari penampilannya, ketika liat videonya mungkin kita berpikir ini cewe gampangan, tapi banyak yang ga tau kalo sebenenya gadis yang satu ini lulusan terbaik di tahun 2013 di SMP Tanjung Pinang dengan NEM 3,79. Followersnya di sosmed banyak dan bisa hasilkan uang lewat endorse. Ia juga telah membuka lapangan kerja buat temen-temennya dan pergaulan yang terbuka.

2. Trend yang bertahan sebentar (Temporary)

Seperti Sinta & Jojo dan Norman Kamaru, kehebohan ini sebenernya biasanya bukanlah sesuatu yang bertahan lama. Bulan ini mungkin jadi trend tapi liat aja beberapa bulan kedepan seperti apa kita ga tau. 

Trend yang berubah terlalu cepat ini kadang2 menjadikan masyarakat terombang-ambing begitu juga artis-artisnya. Akibanya banyak artis yang memilih terkenal dengan cara menuai sensasi daripada bikin karya yang bagus dan bertahan lama.

3. Seksis dan Rasis

Kalo di tanya ke mbah google, seksis itu berarti membedakan gender. Dalam kasus ini masyarakat terlalu cepat menilai perempuan. Atau mungkin karena budaya kita yang ketimuran ini menyebabkan kita memandang wanita seperti itu dan laki-laki seperti itu salah. Padahal mungkin di luar negeri ini adalah sesuatu yang wajar-wajar saja.

4. Adanya bagian kehidupan sosial yang lain

Sebenerya AwKarin juga berasal dari keluarga terpandang dimana orang tuanya adalah dokter. Kalo denger ini kesannya anaknya pasti baik2. Apalagi kita baca buku2 tentang Pergaulan Sosial mungkin lebih banyak terbayang kehidupan yang baik, pergaulan yang sopan dan lain2. Di TV juga mungkin sinetron menayangkan tentang kehidupan yang mewah, pergaulan yang baik dan bla bla bla... Tanpa kita sadari di luar apa yang kita tau, ada banyak versi kehidupan sosial dan pergaulan yang berbeda. 

Lewat liriknya ini :

I'm bad girl
Bila kau tak pernah buat dosa
Silahkan hina ku sepuasnya
Kalian semua suci aku penuh dosa
 
Orang mengatakannya buruk dari penampilan dan pergaulan tapi apakah yang berkata itu sudah tentu dirinya baik ? Mungkin saja kondisi atau versi kehidupan di sekitarnya membuat dia seperti itu dan mencoba menyampaikan kepada kita. Dan Media Maya adalah pilihan yang tepat karena disini ia bebas menyampaikan langsung dengan caranya. Dengan ini kita tau ada suatu versi kehidupan sosial yang lain yang perlu mendapat perhatian.

Demikianlah... disini aku tidak bermaksud mendukung atau menjelekkan, daripada terlalu cepat menjadi haters/likers mending telusuri dulu kebenarannya, semoga bermanfaat.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar