Skip to main content

Sejarah dan Dampak Masuknya Hindu Ke Indonesia


Sejarah Hindu di Indonesia

Agama Hindu mungkin saja merupakan agama yang tertua di Indonesia. Tetapi masuknya Agama Hindu ke Indonesia merupakan masa yang sangat panjang. Agama Hindu yang merupakan Agama yang muncul di daratan India, masuk ke Indonesia melalui beberapa cara.

Menurut sejarah, Masuknya Agama Hindu ke Indonesia tidak lepas dari aktivitas dagang antara pedagang India dan Pedagang-pedagang di nusantara. Tetapi jika kita hanya menganut satu teori ini, kita tidak akan bisa mempelajari lebih jauh tentang sejarah masuknya agama Hindu di Indonesia.

Selengkapnya tentang KERAJAAN HINDU baca "DISINI"

Agama Hindu masuk ke Indonesia diperkirakan pada awal Tarikh Masehi, dibawa oleh para Musafir dari India antara lain: Maha Resi Agastya yang di Jawa terkenal dengan sebutan Batara Guru atau Dwipayana dan juga para Musafir dari Tiongkok yakni Musafir Budha Pahyien.

Kedua tokoh besar ini mengadakan perjalanan keliling Nusantara menyebarkan Dharma. Bukti- bukti peninggalan ini sangat banyak berupa sisa- sisa kerajaan Hindu seperti Kerajaan Tarumanegara dengan rajanya Purnawarman di Jawa Barat.



Kerajaan Kutai dengan rajanya Mulawarman di Kalimantan Timur, Kerajaan Mataram Hindu di Jawa Tengah dengan rajanya Sanjaya, Kerajaan Singosari dengan rajanya Kertanegara dan Kerajaan Majapahit di Jawa Timur, begitu juga kerajaan Watu Renggong di Bali, Kerajaan Udayana, dan masih banyak lagi peninggalan Hindu tersebar di seluruh kepulauan Indonesia

Namun ada sumber yang menyebutkan teori-teori tentang masuknya hindu ke Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut :

Teori Brahmana

Teori Brahmana di kemukakan oleh Van Leur, disebutkan bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia melalui para Brahmana dalam rangka menyebarkan agama. Brahmana mengetahui Weda dan melakukan perjalanan suci dalam rangka menyebarkan ajaran Hindu.

Teori Ksatria

Teori ke satria ini dikemukan oleh Majundar, Moekrji dan Nehru. Mereka mengatakan bahwa Agama Hindu di bawa oleh para prajurit India yang ingin menaklukan Indonesia lalu menyebarkan agama hindu. Tetapi melihat eksistensi kerajaan di Indonesia, tidak ada satupun kerajaan yang di bawah kekuasaan India, walaupun pengaruh India dalam kerajaan Hindu di Indonesia sangat kuat, karena bangsa Indonesia waktu itu menganut Agama Hindu.

Teori Waisya

Teori Waisya di kemukakan oleh Krom . Menurut Krom, Agama Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh para pedagang atau golongan waisya, Buktinya banyak pedagang dari India yang berdagang di indonesia lalu mereka menyebarkan agama hindu di Indonesia. Teori ini memang kuat, karena sejak zaman dahulu, bangsa-bangsa di nusantara di kenal sebagai pedangang dan pelaut ulung. Sehingga interaksi antara pedagang di nusantara dengan pedang India sangat memungkinkan.

Teori Sudra

Teori lainnya mengatakan bahwa Agama Hindu di bawa oleh para budak atau golongan sudra, mereka menyebarkan agama hindu karena ingin merubah nasib mereka. Orang-orang Sudra yang merupakan golongan terbawah dalam strata kasta Hindu masuk ke Indonesia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tapi, teori ini tidak terlalu kuat, karena secara rasional, pengaruh kaum Sudra untuk menyebarkan Agama Hindu tidak terlalu besar dalam mempengaruhi masyarakat di Nusantara.

Teori Arus Balik



Teori arus balik ini menyatakan bahwa bangsa di Nusantara belajar agama hindu di India lalu menyebarkan kembali di Indonesia. Teori ini kuat, tetapi menurut catatan sejarah, orang-orang di nusantara baru belajar Agama Hindu ke India (pusat Agama Hindu) setelah beberapa kerajaan di Nusantara menganut Agama Hindu. Ini di buktikan dari sejarah kerajaan Sriwijaya, yang mengirim beberapa orang untuk belajar Agama Hindu di India.

Nah dari keempat teori ini, maka bisa disimpulkan bahwa masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi melalui banyak cara. Namun masih belum diketahui secara pasti yang mana yang pertama kali terjadi. Akan tetapi dengan masuknya agama Hindu ke Indonesia ternyata banyak menimbulkan perubahan di Indonesia.


Dampak Masuknya Hindu Ke Indonesia

Masuknya Hindu ke Indonesia ternyata menimbulkan dampak yang besar, banyak pembaharuan yang terjadi di segala bidang kehidupan masyarakat di Indonesia khususnya wilayah yang terkena pengaruh Hindu. Adapun dampak tersebut yaitu :
  • Berakhirnya jaman prasejarah Indonesia
  • Masyarakat Indonesia mulai mengenal tulisan
  • Perubahan dari religi kuno ke dalam kehidupan beragama yang Universal
  • Mulai dikenalnya Kitab Suci (Weda) sebagai landasan suatu kepercayaan/agama
  • Munculnya sistem pemerintahan berupa kerajaan yang mengatur kehidupan suatu wilayah
  • Kebudayaan baru di bidang seni, arsitektur, artefak, musik dan tari-tarian
  • Adanya senjata perang yang lebih baik
  • Pengolahan sumber daya seperti logam, batu dan kayu
Sekian tentang sejarah dan dampak masuknya Hindu ke Indonesia. Semoga Bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Baca Juga : Daftar Ringkas Kerajaan Hindu di Indonesia

Referensi :

http://www.babadbali.com/canangsari/pa-sejarah-perkembangan.htm
http://www.ridwanmenulis.com/2013/09/masuknya-agama-hindu-ke-indonesia.html
**catatan sekolah
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar