Skip to main content

Pengertian Sel dalam Ilmu Biologi

sel
 
Kata Sel atau Cella (Latin) berarti ruangan kecil. Jadi sel secara umum adalah unit dasar biologis yang terkecil dari semua organisme hidup. Sel dapat juga berarti unit terkecil dari kehidupan yang mampu memperbanyak diri (bereproduksi) dan sel sering disebut sebagai “building blocks of life”. Ilmu yang mempelajari sel adalah biologi sel.

Pengertian sel yang lain adalah ruangan kecil yang dapat menampung peralatan hidup/biologis yang dibutuhkan untuk membuat organisme tetap hidup dan lestari. Suatu Organisme (makhluk hidup) dapat saja berupa satu sel seperti bakteri dan dapat juga berupa multiselular contohnya adalah tumbuhan dan hewan mamalia.

Dalam kenyataannya tidak semua organisme memiliki sel yang sama. Meskipun prinsip dasar sel adalah sama, namun terdapat perbedaan dalam organel sel, cara kerja, proses pembelahan dan kemampuan mengolah energi. Sehingga dalam pengertian sel, harus dipahami tentang organel sel dan fungsinya serta perbedaan sel hewan dan tumbuhan. Selain itu, ada baiknya membaca perbedaan antara sel prokariotik dan eukariotik.
 
Thanks to :
http://belajarbiologi.com/2014/10/pengertian-sel-dalam-biologi.html
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar