Skip to main content

Pengertian serta Perbedaan DNA dan RNA

DNA dan RNA, apa bedanya ? DNA atau Asam Ribonukleat adalah materi yang membentuk kromosom-kromosom yang menyimpan informasi genetik dalam tubuh makhluk hidup. Sedangkan, pengertian RNA (Asam Ribonukleat) adalah polimer yang tersusun dari sejumlah neuklotida dimana satu neuklotida terdiri dari satu gugus fosfat, satu gugus gula ribosa, dan satu gugus basa nitrogen (N).

Karakter DNA

DNA memiliki asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida dari unit-unit dioknuklotida yang unit-unit pembangunnyadioksinukleot. Informasi genetik umumnya merupakan kumpulan perintah yang mengatur sel untuk melakukan sesuatu. DNA dalam bahasa inggris disebut deoxyribonucleic acid, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut Asam Deoksiribosa Nukleat. Susunan kimia dari DNA adalah polimer yang dari rantai panjang nukleotida.

Karakter RNA

RNA memiliki asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida dari unit-unit mononukleotida. Polimer RNA tersusun dari ikatan yang berselang-seling antara gugus fosfatsatu nukleotida dengan gugus gula ribosa dan nukleotida yang lain.

Perbedaan DNA dan RNA

  1. Bagian pentosa dalam RNA adalah ribosa, sedangkan pada bagian pentosa DNA adalah dioksiribosa
  2. Bentuk molekul dari DNA adalah heliks ganda, sedangkan pada bentuk molekul RNA yang berupa rantai tunggal yang berlipat, sehingga mirip dengan rantai gandai.
  3. RNA mengandung basa adenin, guanin dan sitosin seperti DNA, tetapi RNA tidak mengandung timin yang sebagai gantinya RNA mengandung urasil.
  4. DNA berada di dalam kromosom sedangkan RNA bergantung dari jenis RNA seperti RNA duna yang terdapat di nukleus, RNA p atau RNA t yang terdapat di sitoplasma, sedangkan RNA r (RNA ribosom) terdaat di ribosom
  5. Secara alami, DNA membentuk RNA sedangkan RNA membentuk protein yang penting bagi makhluk hidup seperti membentuk otot, darah, organ tubuh, hormon, enzim dan lain-lain.
  6. Demikian Perbedaan DNA dan RNA, semoga bermanfaat
[ads-post]

Tabel Perbedaan DNA dan RNA 

 

Gambar Perbedaan DNA dan RNA

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar