Skip to main content

Cara Membuat dan Contoh Latar Belakang untuk Judul Skripsi, Makalah, Laporan dan Lainnya

Pengertian Latar Belakang

Latar belakang dalam makalah, skripsi ataupun laporan merupakan ladasan yang menjadi penyebab kita menyusun makalah, melakukan penelitian dan menyusun laporan. Berdasarkan catatan lama saya, ada beberapa poin yang harus dimuat saat kita membuat latar belakang masalah. Poin-poin tersebut yang dikembangkan menjadi paragraf. Berikut adalah pembahasannya.

Poin 1 – paragraf 1 : Permasalahan Utama
Pada paragraf pertama biasanya mengungkapkan masalah yang menjadi pemicu ide untuk menulis suatu makalah. Masalah bisa berasal dari isu, berita ataupun literatur seperti buku. Masalah harus spesifik dan jelas serta memiliki hubungan yang jelas dengan judul.

Poin 2 – Paragraf 2 : Fakta Penguat Permasalahan
Pada poin berikutnya adalah fakta yang mendukung dan menguatkan masalah di atas. Fakta ini harus jelas dan memiliki sumber yang relevan. Setidaknya ada 3 fakta yang menguatkan masalah dan memicu suatu ide.

Poin 3 – paragraf 3 : Akibat Permasalahan
Merupakan dampak yang ditimbulkan dari masalah yang terjadi. Dampak juga perlu diperkuat dengan bukti yang berasal dari sumber.

Poin 4 – paragraf 4 : Usaha-usaha yang mengarah pada Judul
Pada poin ini dijelaskan usaha-usaha yang mengarah pada judul, bisa berupa usaha sebelumnya yang masih gagal, peraturan atau kebijakan baru dan sebagainya.

Poin 5 – paragraf 5 : Kesimpulan yang mengarah pada judul
Paragraf ini merupakan penyelesaian dari semua paragraf sebelumnya dan mengarahkan pada judul.


Misalnya :
  • Judul : Perlunya Pos Satpam di Kampus A
  • Poin 1 : Sering terjadi kehilangan barang di Kampus A
  • Poin 2 : Fakta ada mahasiswa kehilangan helm, - fakta bisa lebih dari 1
  • Poin 3 : Akibatnya kampus tidak aman, kesan kampus jelek, mengganggu aktivitas
  • Poin 4 : Usaha kampus dengan menambah jumlah security, tapi masih belum terselesaikan
  • Poin 5 : Sehingga perlu dibangun pos satpam di parkiran kampus A

Poin-poin ini kemudian dikembangkan menjadi satu atau lebih paragraf, dalam contoh ini 1 poin untuk 1 paragraf.

    Di Kampus A, Kota A sering terjadi kehilangan barang. Kasus ini bukanlah kasus baru, melainkan sudah terjadi beberapa kali dalam setahun ini.
    Terakhir, pada bulan lalu, seorang mahasiswa dari jurusan X kehilangan helm saat memarkirkan kendaraannya. Menurut pengakuannya, helm yang berada dibawah jok tersebut dicongkel dan dipotong talinnya sehingga bisa dibawa kabur.
    Akibat peristiwa tersebut suasana kampus menjadi tidak aman. Hal ini dapat berdampak terhadap kesan bagi calon mahasiswa baru. Selain itu, diakui oleh beberapa pihak hal ini telah mengganggu aktivitas kampus.
    Pihak kampus sejatinya telah berusaha mengatasi kasus ini dengan menambah jumlah security. Security ini ditugaskan menjaga beberapa titik. Namun hal ini belum mampu menyelesaikan permasalahan secara maksimal, terutama di wilayah parkir. Belum adanya pos satpam membuat penjagaan security terbatas hanya pada jam kuliah.
    Dengan demikian, dipandang perlu dibangun pos satpam yang akan mewadahi security dalam mengawasi parkir dalam 24 jam. Maka dari itu dipilihlah judul ‘Perlunya Pos Satpam di Kampus A’.

Demikianlah contoh latar belakang, semoga bermanfaat. Saya memang bukan orang bahasa, saya hanya sekedar berbagi pengetahuan

Dapatkan Versi PDF untuk Artikel ini



Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar