Skip to main content

15 Fakta Unik Mengenai Berlian (Diamond)



Berlian, suatu material yang sangat mahal dan berharga dan termasuk dalam jenis permata (gemstone). Berlian identik dengan orang yang berada pada kelahiran di bulan April. Namun apa hanya itu saja? Berikut akan dijelaskan 15 fakta unik tentang berlian :

1. Berlian dan Mitos Romawi

Orang Romawi dan Yunani kuno percaya bahwa berlian adalah air mata tangisan para dewa/dewi atau serpihan dari bintang jatuh. Roma percaya bahwa anak panah Cupid (dewa cinta romawi) yang ujungnya memakai berlian (mungkin ada hubungan antara berlian dan cinta yang romantis).

2. Usia Berlian

Diperkirakan berlian sudah ada di bumi sejak dulu selama miliaran tahun dan dalam beberapa sumber disebutkan lebih dari tiga miliar tahun tahun.

3. Tempat Ditemukannya Berlian

Berlian terbentuk sekitar 100 km di bawah tanah dan telah dibawa ke permukaan bumi oleh letusan gunung berapi yang dahsyat.

4. Hampir 100% Karbon

Berlian terbuat dari elemen dari unsur tunggal yang hampir 100% karbon. Terbentuk di bawah panas dan tekanan tinggi dan jauh di bawah permukaan bumi. Atom karbon berikatan dengan cara yang unik yang menghasilkan struktur kristal berlian yang indah dan langka.

5. Asal Nama Berlian

Kata berlian (diamond) berasal dari kata Yunani "Adamas," yang berarti tak terkalahkan atau dihancurkan. Hal ini mengacu pada kekerasan berlian yang tertinggi dalam skala mohs (skala kekerasan permata).

6. Kemampuan Menggores

Berlian terkenal karena kemampuannya menggires kaca. Berlian adalah bahan alami yang sangat sulit tergores. Satu-satunya hal yang dapat menggores berlian adalah berlian juga.

7. Permata Mulia

Berlian telah dihargai dan didambakan selama ribuan tahun. Fakta menunjukkan berlian dikumpulkan dan diperdagangkan di India pada awal abad keempat SM. Pada abad pertama Masehi, Romawi Pliny, seorang naturalis mengatakan, "Diamond adalah yang paling berharga, tidak hanya batu mulia, tetapi segala sesuatu di dunia ini."


8. Mitos Kekutan Berlian

Dalam Kebudayaan Hindu Kuno berlian digunakan berlian di mata patung dewa/dewi, dan dipercaya bahwa berlian bisa melindungi pemakainya dari bahaya.

9. Berlian dalam Zaman Perang

Banyak budaya kuno percaya bahwa berlian memberi kekuatan pemakainya dan keberanian selama pertempuran, dan beberapa raja mengenakan berlian pada baju besi (armor) mereka saat mereka naik ke dalam pertempuran.

10. Dapat Menyembuhkan Penyakit

Pada Abad Pertengahan berlian dianggap memiliki sifat penyembuhan dapat menyembuhkan penyakit mulai dari kelelahan, penyakit fisik hingga penyakit mental.

11. Negara Penghasil Berlian

Negara-negara yang menjadi sumber utama berlian telah berubah dari waktu ke waktu. India adalah sumber asli berlian di dunia, dimulai pada tahun 1400-an ketika berlian India mulai dijual di Venesia dan pusat-pusat perdagangan Eropa lainnya. Kemudian pada tahun 1700-an pasokan berlian India menurun dan Brasil menjadi sumber utama berlian di dunia sampai akhir 1800-an ketika cadangan berlian besar ditemukan di Afrika Selatan. Hari ini, berlian yang ditambang di banyak bagian dunia lainnya. Sebagian berlian Bumi yang kini dijual berasal dari tambang di Kanada, Botswana, Namibia, dan Rusia.

12. Berlian Terbesar

Berlian terbesar yang pernah ditemukan disebut berlian Cullinan, dan ditimbang di dengan berat menakjubkan yaitu 3106 karat, atau £ 1,33. Ditemukan pada tahun 1905 di Afrika Selatan, pemilik tambang dan pemimpin Afrika Selatan memberi berlian ini untuk Raja Edward. The Cullinan akhirnya dipotong menjadi sembilan berlian besar dan 100 yang lebih kecil, dan tiga terbesar dari ini dipamerkan di Tower of London sebagai bagian dari permata mahkota.

13. Sejarah Penggunaan Berlian

Penggunaan pertama yang diketahui dari cincin pertunangan berlian berlangsung pada 1477, ketika Archduke Maxmillian dari Austria memberi Maria dari Burgundy sebuah cincin emas yang menampilkan huruf M dengan bahan berlian.

14. Berlian Sintetis

Hingga saat ini para ilmuan telah berhasil membuat berlian sintetis. Berlian buatan memiliki struktur kimia yang identik dan sifat fisik seperti berlian yang ditambang dari alam. Bahkan gemologis profesional tidak dapat membedakan antara berlian sintetis dan berlian tambang tanpa pengujian ekstensif menggunakan peralatan khusus.

15. Planet Berlian

Yang terakhir dan cukup mengejutkan yaitu para ilmuwan telah menemukan sebuah planet yang mereka percaya sebagian besar terdiri dari karbon, dan sepertiga berlian murni. Planet ini ditemukan pada tahun 2004, planet yang mengorbit bintang terdekat di Bima Sakti dan diberi nama "55 Cancri e".
Walaupun berlian sering mendatangkan keuntungan bagi orang-orang, namun ternyata penambangan berlian dapat mengakibatkan kerusakan alam apabila tidak ditanggulangi dengan baik.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar