Skip to main content

6 Format Gambar Digital Yang Sering Digunakan Dalam Editing Grafis

Ketika mengambil gambar dengan kamera/smartphone biasanya disimpan dalam format yang berbeda-beda. Ketika mengedit foto juga sering disimpan dalam format bitmap seperti JPEG, PNG, GIF, BMP, TIFF atau PSD. Tapi sejatinya apakah perbedaan diantara format gambar tersebut ? berikut ulasannya :

1. JPEG/JPG (Joint Photographic Experts Group)


Lossy file format, small size

JPG termasuk format gambar yang paling sering digunakan hampir di setiap perangkat seperti PC, kamera dan smartphone. JPG banyak digunakan karena enskripsinyayang gampang dan ukuran file yang kecil sehingga tidak boros memory. JPG sejatinya tidak terlalu baik untuk proses editing karena setiap kali mengedit akan menurunkan kualitas. JPG cocok untuk format hasil akhir editing.


JPEG memiliki jangkauan masing-masing warna sebesar 8 bit, terdapat warna merah, hijau dan biru  sehingga menghasilkan total 24 bit. Jika ingin memiliki file gambar kecil dengan warna yang sangat baik maka JPEG / JPG adalah pilihan terbaik. Ini adalah format terbaik jika ingin menggunakan gambar di web karena kualitas gambar yang sangat baik terlepas dari kompresi dan ukuran file yang kecil.

2. PNG (Portable Network Graphics)


Colorful, optional transparency image file format

Format file PNG sebagian besar digunakan untuk kebutuhan gambar yang memiliki transparansi.  PNG dapat menyimpan gambar yang kaya warna dan mempertahankan kualitas foto baik setelah diedit. Transparansi adalah fitur opsional dari format file PNG. Cara terbaik untuk menyimpan gambar yang kaya warna karena mendukung warna sejati (16 juta warna).


Kita dapat menyimpan gambar di PNG jika masih dalam proses editing karena fitur lossless tidak berlaku dalam format ini. Kelemahannya hanya pada ukuran file yang relatif lebih besar dari JPG. Tetapi Ini adalah format gambar terbaik untuk gambar warna terkompresi dan mempertahankan kualitas gambar.

3. GIF (Graphic Interchange Format)


Animated and limited colors file format

GIFF adalah format gambar dengan jangkauan warna yang terbatas. Tetapi GIF cocok untuk gambar yang memiliki warna kurang dan terutama untuk membuat animasi ringan. Mendukung  8-bit palette atau 256 warna dalam suatu gambar. Format GIF baik untuk menyimpan gambar yang memiliki warna global, bentuk yang simple dan efek kartun. GIF tidak cocok untuk gambar fotografi.

4. TIFF (Tagged Image File Format)


Usable in printing

TIFF adalah format untuk gambar berukuran besar. TIFF digunakan untuk gambar terkompresi yang biasa digunakan untuk tujuan pencetakan. TIFF dapat menyimpan dalam 8 atau 16 bit masing-masing warna merah, hijau dan biru sehingga total berkisar antara 24 bit atau 48 bit. Namun karena ukuran yang besar format gambar ini tidak cocok untuk web browser tapi cocok untuk kebutuhan fotografi dan di industri percetakan.

5.  BMP (Bitmap Image File)


Best quality, large file size format


BMP adalah format terbaik untuk kualitas gambar yang tinggi dan relatif menghasilkan gambar ukuran besar. Format file gambar yang terkompresi dan menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. BMP hampir sama dengan TIFF.

6. PSD (Photoshop’s Native Format)


Photoshop editable file


PSD adalah format asli Photoshop yang menyimpan gambar dan efek yang kita buat pada foto di Photoshop. PSD Ini menjaga efek Photoshop, layer, masker, bentuk dan mode yang berbeda yang digunakan dalam mengedit foto yang bisa kita proses lebih jauh lagi.


Jika ingin mencetak gambar hasil desain, pastikan pahami ukuran resolusi gambar saat akan dicetak. Selengkapnya baca disini :


Ukuran resolusi gambar untuk mencetak poster, spanduk, baliho, banner, dll.

Nah, demikian beberapa format file gambar yang umum digunakan untuk mode yang berbeda untuk tujuan yang berbeda. Sebaiknya kita tahu mana gambar format yang kita butuhkan dan mengapa ? silahkan kalo ada pertanyaan
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar