Skip to main content

5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Laptop



Berhati-hatilah saat hendak membeli laptop baru, apabila kamu belum banyak pengalaman dalam hal IT atau tidak mengikuti perkembangan laptop yang ada saat ini. Apalagi jika ini merupakan laptop pertamamu. Namun kenyataannya, permasalahan saat membeli laptop tetaplah sama.
Jika kamu melakukan 5 hal berikut saat berada di toko laptop, kemungkinan besar kamu akan memperoleh pilihan yang tepat dan lebih puas dalam jangka waktu yang lama. Hal ini memang susah-susah gampang, makanya simak tips berikut !


Simak Juga : Tips Merawat Laptop !!!

 
1. Pahami laptop seperti apa yang Kamu Inginkan, dan juga yang kamu butuhkan

Jika kamu ke toko laptop dengan pikiran yang tidak lebih spesifik dari “aku ingin sesuatu untuk gaming”, maka dijamin kamu akan frustasi saat memilih dan mungkin kecewa dalam jangka panjang. Sebenarnya gak harus spesifik banget, tapi intinya kamu tau apa kebutuhan kamu dengan laptop itu, aplikasi yang nantinya akan diinstal, tau kemana saja akan dibawa laptop itu, apakah memilih OS Windows, Mac atau Chrome dan berapa budgetmu? Poin terakhir adalah memperkirakan nasib laptop ini kedepan, apakah kamu harus membeli laptop dengan fitur yang tak perlu atau modelnya akan cepat usang nanti ? Tujuan dari semua ini agar 3 – 6 bulan nanti kamu nggak berkata “coba kalo dulu aku pilih laptop yang lain ... ”

2. Pahami Spesifikasinya, dan hal lain dibalik spesifikasi itu

Jangan terkecoh dengan promosi brand, misalnya ada yang mengatakan jika kapasitas hardisknya 500 GB dengan harga murah. Sejatinya itu baru setengah dari cerita harddisk, pernahkah kamu bertanya berapa rpm putaran harddisknya ? 5.400 atau 7.200 rpm ? semakin tinggi rpmnya artinya harddisknya semakin cepat pula speed calon laptopmu.
Hal yang sama berlaku untuk fitur seperti jumlah core dalam CPU, misalnya i3 yang punya empat CPU.  Tapi ternyata aplikasi game-mu perlu 8 thread untuk bisa dimainkan, maka kamu dalam masalah. Begitu juga dengan RAM, kalo ada yang menawarkan RAM besar maka cek juga jumlah slot RAM dalam mainboardnya, penting diketahui sampai berapa besar RAM bisa ditambahkan. Begitu pula grafisnya, jangan cuma CPU yang kenceng, kalo grafisnya jelek juga ga akan bisa buka game 3D.

3. Ketahui Titik Kecocokanmu dengan calon Laptop

Bila spesifikasinya sudah rampung, kamu juga perlu tau kecocokanmu dengan laptop itu. Misalnya pas kamu melihat layarnya, apakah matamu merasa nyaman atau lebih cepat sakit ? coba ambil apakah berat atau ringan ? coba keyboardnya terasa lebar atau sempit ? ukuran laptopnya apakah pas di tas atau kegedean sehingga kamu perlu beli tas lagi ? hal-hal seperti ini yang menjadi poin penting juga, makanya dari aku lebih menyarankan kamu ketemu langsung sama laptopnya daripada mengandalkan review online atau sebatas mendengar cerita teman.

4. Pilih Desain Laptop Sesuai Selera

Bagi banyak pengguna terutama dalam dunia bisnis, laptop mirip seperti jas. Penampilan mengatakan sesuatu tentang diri kita. Bahan, dimensi, warna memberikan kualitas dan nilai estetika. Apakah terlihat murahan atau mewah? Cocok dengan usiamu ? apakah terlihat biasa atau lain daripada yang lain ? Juga perlu diketahui bahwa seperti kemasan mie instan, gambar dapat mengaburkan kenyataan. Hal ini diperlukan saat kamu kumpul bareng teman dan pada bawa laptop, disinilah penilaian penampilan fisik laptopmu.

5. Cari Info Tentang Reputasi Produknya

Nah, yang terakhir adalah reputasi dari brand laptopmu. Bagaimana layanan garansinya ? apakah sparepartnya masih diprosuksi ? Bagaimana pengalaman orang tentang brand laptop ini ? Hal ini penting diketahui, karena setelah membeli tak semua beruntung. Terkadang laptop mahal dengan brand kelas atas pun masih bisa mengalami kerusakan, cacat dan lain sebagainya. Kalo ini terjadi barulah kamu merasakan bagaimana pelayanan pasca belinya. Apahkah kamu bisa perbaiki di kotamu atau kamu harus bawa ke daerah lain ? biaya perbaikan dan sparepartnya mahal ? ini juga harus dipertimbangkan donk.

Jadi intinya jangan asal branded, jangan asal spek tinggi dan jangan asal mahal, terimakasih sudah membaca.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar