Skip to main content

10 Fitur Unggulan Baru di Windows 10



Setelah sebelumnya sempat tertunda, akhirnya Windows 10 dirilis juga oleh microsoft. Windows 10 merupakan versi setelah windows 8.1. Tapi apa saja hal-hal baru yang ada di windows 10 ? yuk tengok sebelum nginstall



1. Kembalinya start menu

Hilangnya start menu di windows 8 menjadi suatu pro kontra. Ada yang suka, ada juga yang nggak, namun karena user cenderung kurang suka dan berbagai pertimbangan lainnya maka start menu muncul lagi nih di windows 10. Posisinya masih sama kayak windows 7, namun begitu diklik kelihatanlah bedanya. Simak gambar di bawah !

2. Universal Apps

Dulu di windows 8, ini disebut modern app yang bisa dibuka lewat mozaik semisal Photos, Videos, Music, Maps, People & Messaging and Mail & Calendar, dsb. Namun kini di windows 10 semuanya hadir dalam windowed mode. Sementara untuk meminimalisir perbedaan windows 10 di PC dan smartphone, aplikasi ini sekarang sudah seperti disamakan. Semuanya tersedia wi Windows Store.

3. Peningkatan Fitur Multi Tasking

Pada OS versi ini tersedia sistem multi desktop dimana kita bisa menjalankan beberapa set aplikasi seperti pada layar lain. Hal ini akan sangat memudahkan karena kita isa set aplikasi-aplikasi yang akan kita jalankan sementara kita tidak terganggu dengan aplikasi yang telah terbuka. Peralihan ke aplikasi lain juga sangat gampang dengan panel taskview yang mirip task manager pada smartphone.

4. Panel Notifikasi dan Action Center

Windows 10 menyediakan fitur khusus untuk dapat melihat semua notifikasi dalam satu tempat. Bila pada windows 7 dan 8 notifikasi hanya muncul di pojok bawah dan menghilang. Berbeda pada windows 10 dimana seluruh notifikasinya terekam. Terdapat juga panel seperti wifi, lokasi, batrai, dsb yang ditampilkan secara lebih apik. 

5. Aplikasi Xbox hadir  di Wondows 10

Segera kita akan dapat memainkan Game Xbox One di PC atau smartphone windows 10. OS ini akan menyediakan layanan streaming Xbox Game dengan peningkatan kinerja grafis.  Permainan ini dapat kita temukan di windows store.

6. Browser baru, Microsoft Edge

Saat pertama kali membuka internet pada windows, yang terbayang adalah internet exploler yang cenderung dibilang lambat dan kaku. Namun berbeda dengan windows 10 yang dibekali microsoft edge, salah satu browser fenomenal yang siap bersaing dengan firefox dan google chrome.

7. Relatif Lebih Ringan, Tampilan Lebih Keren

Dari pengalaman aku menggunakan windows xp, 7, 8, 8.1 dan 10, terasa windows 10 setara dengan kecepatan windows xp namun tentu dengan tampilan yang lebih keren, lebih soft dan lebih update. Selain itu juga terdapat peningkatan pada fitur tampilan seperti tema lockscreen dan mozaik start.

8. Cortana

Alikasi Digital Assistant Cortana yang notabenanya merupakan aplikasi khusus smartphone kini tersedia di PC. Aplikasi ini memudahkan kita menghubungkan smartphone dengan PC. Selain mendukung Windows Phone, juga mendukung Android dan iOS.

9. Touch Support – Continum


Gaya OS Windows 10 kesannya cenderung lebih ke tablet dan smartphone, karena itu microsoft tidak melupakan fitur touchscreen terutama untuk laptop dengan layar sentuh atau notebook yang bisa berganti mode menjadi tablet. Tersedia pengaturan tablet mode pada control panel agar user bisa memilih saat menggunakan layar sentuh daripada keyboard dan mouse.

10. Unified Setting di Control Panel


Sebelumnya di windows 8 terdapat kebingungan antara PC setting dan control panel. Kini di windows 10 semua terintegrasi menjadi satu. Tampilan control panel juga lebih keren dari sebelumnya.

Nah demikian keunggulan windows 10, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca :)
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar