Skip to main content

7 Tips Merawat Laptop agar Awet


Cara Merawat Laptop

Kita tentu tidak asing lagi dengan kata "laptop". Laptop kini sudah menjadi sahabat yang sangat dekat dengan gadget yang satu ini. Bahkan kita akan susah hidup tanpa laptop karena hampir semua kegiatan kita terbantu dengan bantuan komputer jinjing ini.


Bahkan saking seringnya kita gunakan, terkadang kita lupa dengan kesehatan laptop kita. Nah sekarang Bloggie akan bahas beberapa tips dalam merawat laptop, simak baik-baik.

1. Bersihkan Keyboard

Keyboard laptop sangat mudah kotor bila dibandingkan dengan bagian yang lainnya. Ini dikarenakan bentuk keyboard laptop rata-rata memiliki celah yang kecil dan banyak, sehingga kotoran leluasa masuk dan susah keuar. Adanya debu pada keyboard akan membuat fungsi keyboard terganggu dan matinya beberapa tombol. Untuk mengatasinya, dapat digunakan kuas kecil yang lembut dan fleksibel. Sapukan dengan pelan ke sela-sela tombol, bisa juga memakai alkohol. Untuk pencegahan dapat digunakan karet pelindung keyboard sehingga tidak mudah kemasukan debu. Bersihkan saat kondisi off.

2. Bersihkan Monitor

Monitor (LCD atau LED) laptop merupakan bagian yang agak rawan. Layarnya memiliki tingkat sensitivitas tinggi, sehingga untuk membersihkannya harus dengan cara yang hati-hati. bisa menggunakan kapas dan juga kuas. jangan gunakan sabun detergen karena cepat memudarkan layar. Gunakan zat yang disarankan pabrik, usapkan kapas atau kuas secara perlahan satu arah. Jangan coba menggosokan kapas di layar karena akan membuat layar cepat kusam dan tergores.

3. Bersihkan Casing

Casing laptop umumnya terbuat dari plastik dan aluminium yang cukup kuat dan umumnya lebih mudah dibersihkan dibandingkan komponen yang lain. Namun jangan mencoba membersihkan casing dengan sabun ataupun shampo. Gunakan zat pembersih yang saat ini banyak dijual di pasaran. Bersihkan casing dari debu sehingga komponen di dalam lebih terhindar dari debu.

4. Menjaga Baterai

Selain CPU, baterai laptop termasuk piranti yang cukup mahal dan mudah rusak. Karenanya selagi masih bagus, baterai laptop harus diperhatikan. Baterai tidak boleh terus menerus dicas, cas sampai penuh kemudian cabut. Saat menggunakan listrik rumah, baterai hendaknya di lepas agar tidak cepat panas dan kembung. Penggunaan yang salah akan memperpendek umur baterai.

5. Menjaga Mouse Sensitif

Pada laptop, mouse digantikan sensitive pad. alat ini adalah alat yang sangat sensitif terhadap sentuhan tangan manusia. Karena sifatnya ini, penggunaannya harus diperhatikan. Jangan sering gunakan untuk bermain game, karena jika diperlakukan agak keras akan mudah rusak. Ada baiknya saat melakukan fungsi yang cukup "berat" kita menggunakan mouse luar yang banyak tersedia di pasaran.

6. Menyimpan Laptop

Laptop hendaknya disimpan di tempat yang sejuk dan bebas dari debu. Hindarkan dari logam magnet dan unsur radioaktif karena dapat merusak beberapa komponen penting dalam laptop seperti Harddisk. Lepas dan pisahkan baterai agar baterai tetap awet.

7. Menggunakan Pendingin

Saat kita menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama, usahakan menggunakan kipas tambahan sebagai pendingin. hal ini untuk membantu mencegah overheat pada alat-alat dalam laptop sehingga tidak cepat rusak. Letakan laptop pada tempat yang datar dan jauhkan dari makanan dan minuman.

Demikian Tips Lagi dari Bloggie, semoga bermanfaat. "jangan lupa saran dan komennya :D"
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar