Skip to main content

Cara Mengatasi Keyboard Error Pada Laptop

Nah, ini pengalaman saya beberapa waktu yang lalu. Laptop yang saya gunakan ini tiba-tiba mengalami syndrome yang aneh. Mungkin karena stress atau apa, beberapa fungsi tombol pada keyboard berubah dan menjadi fungsi ganda.

Tombol arah bawah tiba-tiba  berfungsi ganda menjadi tombol delete. tombol arah kanan menjadi tombol arah bawah. Ini benar benar sangat menjengkelkan. Curiga ada virus, saya scan, namun hasilnya bersih. Segera saya laporkan ke pak Google, inilah pembahasannya.

Kecenderungan keyboard yang “ngawur” model begini ini  dapat saja terjadi pada hampir semua jenis laptop atau notebook, bahkan mungkin semua laptop dan netbook tanpa pandang merk dan harga. Baiklah ini solusi untuk mengatasinya.

Mungin suatu saat kita gunakan keyboard bawaan laptop  ada tombol yang berubah, misalnya ketika kita tekan tombol  m, j, k, l, u, I, o yang muncul adalah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Nah lho… jadi repot lagi kan? Jangan panik, ini berarti terjadi pertukaran tombol fungsi Fn.  Tombol Fn ini memang hanya ada pada keyboard di notebook atau laptop.

Fungsi tombol ini sebenarnya adalah shortcut untuk fungsi hardware (digabung dengan tombol lainnya), seperti kecerahan layar, volume suara, sinyal, dll. Icon fungsi terdapat pada beberapa tombol lain seperti F1-F12. Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock  berubah kembali ke huruf kecil.

Kembali kecara mengatasi fungsi tombol Fn yang terbalik secara tak sengaja, begini caranya :
  1. Tekan aja tombol Fn tahan dan jangan dilepas, 
  2. Lalu tekan tombol fungsi numeric.  Tombol numeric ini kalau di laptop q sih berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLK. 
  3. Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut.  
  4. Sekarang coba tekan tombol  u, kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi.
  5. Untuk tombol lainnya, juga bisa.

Solusi lainnya adalah menggunakan keyboard eksternal. Beli  aja keyboard untuk PC Desktop, kalau merasa risih karena kegedeaan ada kok keyboard eksternal yang berukuran kecil, tinggal pilih aja. Tentu saja pilih keyboard yang USB jangan yang PS2. Dijamin deh gak ada lagi kursor yang suka loncat dan nyelonong kemana-mana, silakan ngetik ngebut dijamin aman.

Saya sarankan pakai keyboard eksternal kalau mau mengetik cukup banyak. apalagi keyboard laptop atau netbook agak rentan alias gampang rusak, mengetiknyapun harus pelan, demikian pula menekan tombolnya pun harus lunak tidak boleh terlalu menekan, kalau tidak akan cepat rusak. kadang bunyi teet teet teet, kadang kursor berjalan sendiri atau mengeluarkan huruf yg sama beberapa kali. kalau sudah begini siap ganti aja deh keyboardnya, sayang harganya masih mahal. Solusi termudah ya itu tadi, beli keyboard eksternal.

Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar