Skip to main content

Tips Menghilangkan Stress dengan Bermain Gitar


Kita tahu bahwa kesibukan kita di sekolah, tempat kerja ataupun di masyarakat kadang-kadang membuat kita lupa waktu, lupa keadaan, lupa akan kesehatan sehingga kadang-kandang kita merasa sakit kepala bahkan stress akan semua kegiatan itu. 

Saking menumpuknya tugas-tugas dan beban kerja yang harus dipikul hidup ini, maka sering kali kita tidak mendapat kesempatan untuk menikmati hidup ini. Hidup ini seakan terasa hampa dan selalu terbayang akan rasa takut apabila pekerjaan kita tidak dapat diselesaikan atau hasilnya tidak sebanding dengan kerja keras kita.

Perlu diketahui bahwa sesungguhnya rasa cemas tersebut hanyalah rasa yang berlebihan yang timbul akibat tekanan yang terjadi pada otak kita. Rasa cemas akan menghambat proses kerja otak dan justru dapat menurunkan kinerja otak dalam memproses informasi. Otak juga butuh ketenangan dalam bekerja, karena itu kita perlu mengurangi rasa cemas tersebut sebelum melanjutkan pekerjaan.
    
Ada banyak cara untuk menhilangkan rasa cemas tersebut seperti bercanda, berekreasi, bermain game, mendengarkan musik atau bermain gitar. Kenapa nyambung ke bermain gitar?? Jawabnya karena dengan bermain gitar juga dapat menghilangkan rasa stress, cemas, takut atau panik.

Yang saya maksud bermain gitar disini tidak harus menjadi gitaris hebat seperti “bla..bla..bla..”. tidak harus pintar melody, petik, tapping dan sebagainya itu. Kita juga tidak harus memiliki gitar yang “wah”, cukup saja gitar bolong dengan harga blong. Tips membeli Gitar bolong sudah saya post-kan sebelumnya, jadi bisa dibaca disana. Yang terpenting ada senarnya, dan mau bersuara. 

Carilah lagu-lagu yang santai, fresh dan menyenangkan. Apabila belum begitu mahir, cukup lagu-lagu dengan kunci-kunci sederhana seperti C, D, Am, G dan Em. Ada banyak lagu-lagu yang kunci-kuncinya sederhana dan sedikit.

Bermain Gitar paling enak sambil bernyanyi dengan penuh ekspresi. Jangan permasalahkan suaranya kacau atau sumbang, “yang penting ekspresinya boss”. Dan akan lebih menarik lagi apabila berekspresi bersama teman senasib. Asalkan jangan sampai membuat gaduh tetangga, nanti jadi panik...

Cara kerjanya mungkin mirip menangis, namun ini lebih efektif. Dengan berekspresi sambil menikmati musik sendiri maka hal ini dapat sebagian beban di otak, melemaskan saraf-saraf sadar dan tak sadar dan juga menurunkan tegangan pikiran.

Ekspresi tersebut dapat juga membuat kondisi bhatin lebih fresh dan juga dapat menutup luka-luka tertentu dalam bhatin. Nah, dengan berkurangnya rasa stress, kita akan dapat kembali bekerja lebih baik dan lebih bergairah.

Jadi tidak ada salahnya mencoba sambil belajar. Selain dapat mengurangi stress juga dapat menambah skill baru. Banyak orang yang bilang “hidup akan lebih indah bersama melody”.
Salam dari Terketik : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. Terketik berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke lionitalestari@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar