Beranda Wawasan 10 Penemuan Bangsa Cina Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang

10 Penemuan Bangsa Cina Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang

0 14

Mendengar kata Cina, pasti semua langsung terpikir dengan produk-produk masa kini yang “Made In China”. Namun perlu diketahui bahwa bangsa ini sudah maju sejak dari dulunya. Terlepas dari banyak versi anggapan tentang Cina, mari kita telusuri kehebatan bangsa yang satu ini.
Bangsa Cina kuno memang terkenal akan kebudayaannya, namun juga memiliki penemuan-penemuan yang sangat berharga. Banyak diantara penuman mereka bahkan masih digunakan oleh manusia masa kini. Berikut ini adalah beberapa penemuan bangsa Cina kuno yang masih bisa digunakan oleh manusia zaman sekarang.

 

1. Uang Kertas

Oke, yang pertama adalah uang kertas. Jika sebelumnya manusia hanya mengenal uang logam dan emas sebagai alat tukar, tidak halnya dengan bangsa China Kuno. Uang kertas pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Cina kuno kira-kita pada tahun 800 SM. Sebelum masa itu, manusia menggunakan logam mulia, batu bahkan kulit kerang sebagai alat tukar. Kini uang kertas telah dipergunakan di seluruh negara di dunia.

 

2. Pengaturan Tanaman

Taman-taman yang tertata rapi ternyata dimulai di Negeri Cina. Tanaman pertama kali ditanam dalam bentuk alur pada abad keenam sebelum masehi. penyusunan ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh lebih cepat dan lebih besar. Tanaman yang disusun membentuk garis lurus juga lebih tahan terhadap terpaan angin.

 

3. Teknik “deep drilling”

Teknik “deep drilling” adalah sebuah teknik untuk menambang gas, pertama kali diperkenalkan pada tahun 100 sebelum masehi. Alat pengebor gas yang dipergunakan kala itu terbilang memiliki ukuran yang luar biasa. Teknik ini bahkan masih dipergunakan hingga sekarang misalnya, di Amerika.

 

4. Kembang api

Yang ini memang identik sekali. Kembang api pertama kali dipergunakan oleh bangsa Cina kuno sebagai hiburan. Namun kemudia, kembang api dimodifikasi untuk kepentingan militer. ledakan kembang api kala itu, dimanfaatkan untuk menurunkan keberanian tentara musuh.

 

5. Bubuk Mesiu

Bubuk mesiu pada awalnya tidak diciptakan untuk keperluan militer, namun sebagai ramuan awet muda yang dipercaya dapat membuat manusia hidup abadi. Namun, setelah bangsa Cina kuno menyadari bahwa bubuk mesiu dapat meledak, mesiupun mulai digunakan saat perang. Penggunaan mesiu membuat perang menjadi tidak terlalu mengerikan. Tahun penemuan mesiu tidak dapa ditentukan secara pasti namun, para ahli berasumsi bahwa mesiu ditemukan bersamaan dengan ditemukannya kembang api.

[ads-post]

 

6. Alat penyembur api

Tak banyak yang tahu, ternyata alat penyembur api pertama kali diciptakan pada babd kesepuluh sebelum masehi. Alat ini banyak dimanfaatkan hingga saat ini misalnya, untuk melelehkan metal, atau mengelupas lapisan cat mobil yang sudah kusam.

 

7. Parasut

Parasut digunakan oleh bangsa Cina kuno sejak abad kedua sebelum masehi. Alat ini sekarang telah dipergunakan untuk berbagai keperluan misalnya, untuk olah raga, hiburan dan untuk kepentingan militer.

 

8. Sirip Kemudi

Sirip kemudi berguna untuk mengendalikan arah kapal. sebelum diciptakannya sirip kemudi, arah kapal hanya dapat dikendalikan dengan menggunakan dayung. Penggunaan dayung tentu saja membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu. Sirip kemudi kini bahkan dipergunakan untuk mengendalikan arah pesawat terbang.

 

9. Gerobak dorong

Gerobak dorong pertama kali diciptakan pada abad pertama sebelum masehi. Alat ini dapat membantu manusia untuk mengangkut benda-benda berat misalnya, bahan bangunan atau makanan. Penggunaan alat ini memungkinkan bangsa Cina kuno untuk melaksanakan pembangunan dengan lebih cepat.

 

10. Kompas

Kompas merupakan penemuan bangsa cina yang sangat banyak digunakan hingga zaman modern saat ini. Alat yang berfungsi sebagai penunjuk arah ini kini dipakai pada kapal, pesawat terbang, kendaraan darat bahkan pejalan kaki dan para pencinta alam agar tidak tersesat.
Demikianlah tentang Penemuan Bangsa Cina Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang, jika ada yang salah mohon dikoreksi.

Tuliskan Komentar